1000 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Wajah

Category : Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu yang dapat kita rasakan, buah mengkudu atau buah keumeudee ini berasal dari daerah asia bagian tenggara yang masih berfamili dengan rubiaceae. Buah mengkudu ini biasanya tubuh di datarann rendah dengan ketinggian mencapai 1.500 meter. Sedangkan untuk tingginya, buah mengkudu ini bisa mencapai 3 bahkan 8 meter, untuk masalah warna, biasanya buah mengkudu ini berwarna hijau pekat saat masih muda. Karena ada banyak sekali manfaat buah mengkudu ini, maka berikut akan saya paparkan satu per satu.

Apa Saja Sih Manfaat Dari Buah Mengkudu Itu ?

  1. Dapat mengatasi penyakit batuk

Salah satu manfaat buah mengkudu adalah mampu mengatasi penyakit batuk, jika anda ingin menggunakan buah mengkudu ini, maka perhatikanlah langkah berikut ini. Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan satu buah mengkudu dan daun bujanggut secukupnya. Setelah itu, campurkan kedua bahan tadi dengan cara di rebus dengan menggunakan dua gelas air bersih.

Jika sudah mendidih, tunggulah beberapa menit sampai sisa airnya tinggal satu gelas. Apabila sudah cukup, angkat lah dari kompor lalu saring dan ambil air bersihnya, minumlah setiap pagi dan sore hari.

Baca juga : 5000++ Khasiat Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

  1. Mampu menghilangkan jerawat

Manfaat buah mengkudu untuk wajah yaitu dapat menghilangkan jerawat, jerawat memang selalu menjadi masalah untuk semua orang. Karena seperti yang kita tau, jika jerawat ini sudah muncul di wajah, maka rasa percaya diri pun akan hilang atau bahkan malu jika bertemu teman.

Untuk memanfaatkan buah mengkudu ini, maka cara pertama ambillah satu buah mengkudu yang sudah masak, kemudian haluskan buah mengkudu ini dengan menggunakan blender. Setelah itu, saringlah buah mengkudu tadi, dan ambil air bersihnya saja, barulah oleskan air mengkudu di bagian wajah yang berjerawat. Anda bisa menjalankan cara ini sampai beberapa hari, atau sampai hasilnya terlihat dengan jelas.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dalam 7 Hari Secara Alami

  1. Dapat melembabkan kulit

Khasiat utama mengkudu yang berikut ini yakni mampu melembabkan kulit, nah bagi anda yang sering bepergian, sudah pasti akan merasakan kulit kering atau bahkan bersisik. Jika anda sampai sekarang masih bermasalah dengan kulit kering, maka mulai sekarang anda bisa menggunakan buah mengkudu ini ya sob.

Ambillah buah mengkudu yang sudah lembut, kemudian tumbuk sampai halus, jika sudah selesai maka barulah anda membalurkan buah mengkudu ini pada bagian kulit yang kering. Biarkan selama kurang lebih 60 menit, barulah kemudian bilas lagi dengan air bersih. Tujuan dari buah mengkudu ini adalah, untuk melembabkan kulit anda kembali setelah seharian berjemur atau pun berada di bawah sinar matahari.

  1. Mampu meredakan rasa sakit kepala

Manfaat buah mengkudu yang keempat adalah mampu meredakan sakit kepala, taukah anda ? ternyata sejak zaman dahulu kala buah mengkudu ini sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk meredakan sakit kepala. Kandungan zat analgesik yang ada dalam buah mengkudu ini ternyata dapat mengalahkan morfin sulfat yang berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri yang ada dalam tubuh.

Oleh karena itu, anda tak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan buah mengkudu ini, karena selain dapat digunakan untuk kecantikan, buah ini juga bisa menjadi obat yang cukup ampuh. Selain itu juga, buah ini pun bisa di dapatkan dengan mudah, baik itu di rumah sendiri, para tetangga atau yang lainnya.

  1. Mampu menyembuhkan masuk angin

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan yang ini pun tak kalah pentingnya bagi anda, masuk angin mungkin salah satu hal yang sering kita rasakan. Jika sudah masuk angin, maka secara otomatis suhu tubuh pun tidak akan baik, bahkan bisa mengakibatkan demam. Untuk mengatasi masuk angin ini, maka anda pun dapat menggunakan buah mengkudu ini.

Bagaimana caranya ? pertama – tama siapkan satu buah mengkudu yang sudah masak, kemudian di tambah dengan satu rimpang kencur. Setelah itu, cucilah kedua bahan ini dengan air bersih, sampai kotorannya hilang semua, selanjutnya rebuslah bahan tersebut dengan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih, dan biarkan sampai air ini tersisa satu gelas saja, saring air ini lalu minumlah sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mampu menyembuhkan penyakit ketombe

Untuk masalah rambut, manfaat mengkudu untuk rambut ini bisa anda gunakan untuk mengatasi ketombe. Jika anda mempunyai masalah rambut seperti ketombe, maka anda bisa mencoba buah mengkudu ini sebagai solusinya. Caranya yakni mengambil dua buah mengkudu yang sudah masak atau lembut, kemudian menghaluskannya terlebih dahulu dengan tangan atau alat lainnya.

Setelah itu, lumurilah kulit kepala dengan buah mengkudu ini, biarkan sampai khasiat mengkudu ini meresap kedalam kulit kepala anda. Nah, pada saat mengoleskan mengkudu ini, maka anda pun bisa sambil memijat kulit kepala, untuk apa ? agar kandungan yang ada dalam buah ini pun bisa terserap dengan baik. Lakukan cara ini sesering mungkin, karena semakin sering anda menggunakannya maka ketombe pun akan berkurang dan bahkan hilang total secara keseluruhan.

  1. Mampu mengatasi darah tinggi

Khasiat buah mengkudu yang ketujuh adalah dapat mengatasi masalah darah tinggi. Banyak sekali orang yang terkena penyakit seperti darah tinggi atau hipertensi ini, itulah sebabnya disini saya akan menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatasinya.

Siapkanlah dua buah mengkudu yang sudah lembut atau sudah matang di pohon, lalu tambahkan satu sendok makan madu murni. Blenderlah buah mengkudu tadi untuk mendapatkan sarinya, jika sudah selesai, masukkan madu murni lalu aduk terlebih dahulu. Minumlah sebanyak dua atau tiga kali sehari, dengan rutin mengkonsumsi nya maka darah tinggi pun akan menurun.

  1. Memperlancar haid

Pada wanita, sudah pasti ada masa nya dimana haid tidak lancar bukan ? karena hal inilah, biasnya membuat para perempuan merasa cemas dan bertanya – tanya apa penyebabnya. Nah, jika anda mengalami haid yang tidak teratur, maka anda bisa memanfaatkan  buah mengkudu ini. buah yang satu ini banyak di percaya dapat memperlancar haid yang tidak lancar, oleh karena itu ada baiknya anda coba dulu.

Dengan menggunakan buah mengkudu ini, maka setidaknya anda tak perlu takut karena mengkudu ini tidak mengandung efek bahaya sama sekali. Selain itu juga, mengkudu merupakan salah satu jenis buah yang sangat aman jika dipakai, tanpa efek samping, atau pun yang lainnya.

  1. Mampu mengatasi sakit gigi

Jika anda pernah mengalami penyakit ini, maka sudah pasti anda tidak akan mau lagi merasakannya bukan ? ya, memang sakit gigi adalah salah satu jenis penyakit yang menakutkan. Jika anda orang yang sakit gigi, maka akan ada banyak tingkah nya yang kurang menyenangkan. Penyebab sakit gigi ini sebenarnya ada banyak sekali, contohnya terlalu banyak makan gula, atau zat manis lainnya.

Untuk mengatasi sakit gigi, maka tak ada salahnya untuk mencoba menggunakan buah mengkudu ini, mungkin pada awal nya anda tidak akan menyukai aroma buah mengkudu ini. namun, jika anda ingin segera sembuh maka anda harus menahan bau mengkudu yang sangat menyengat ini.

10. Mampu mengatasi masalah penuaan dini

Buah mengkudu ini juga dapat anda manfaatkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, sari mengkudu ini bisa anda manfaatkan sebagai tonik yang berkhasiat untuk mengatasi masalah masalah kulit seperti keriput. Adanya kerutan ini biasanya di sebabkan karena faktor usia, pola hidup, ataupun yang lainnya.

Dengan menggunakan buah mengkudu ini, maka kerutan yang ada dibagian wajah pun akan hilang, sehingga anda tidak perlu pergi kesalon untuk menjalankan perawatan yang biaya nya pun sangat mahal. Lalu bagaimana dengan buah mengkudu ini ? tentu saja harga buah mengkudu ini jauh lebih murah, dibandingkan dengan menyewa jasa salon untuk merawat kecantikan.

Cukup sekian beberapa penjelasan penulis tentang manfaat buah mengkudu ini, semoga dengan menyimak semua penjelasan di atas bisa membantu para pembaca untuk mendapatkan manfaat yang ada pada buah mengkudu. Karena seperti yang kita tau, walapun bau nya tidak terlalu wangi seperti buah lain, tapi khasiat buah ini ternyata sangat luar biasa.