15 Macam Penyebab Mual Dan Tips Cara Mengatasinya

Category : Kesehatan
15 Macam Penyebab Mual Dan Tips Cara Mengatasinya
3.5 (70%) 8 votes

Portalremaja.co.id – Apakah anda sering mengalami mual dan diikuti dengan gejala lain seperti pusing? Sebaiknya anda berhati-hati, bisa jadi ada penyakit yang sedang menggerogoti tubuh anda dan mual ini adalah salah satu pertandanya. Tapi ada juga mual dan muntah dikarenakan hal yang biasa dan bukan salah satu tanda dari suatu penyakit. Saya yakin pasti semua orang pernah mengalami mual dan muntah, apalagi di saat bulan suci ramadhan saat ini. Biasanya hal ini kerap dialami oleh penderita asam lambung atau penyakit maag.

Mual adalah suatu kondisi tidak nyaman di bagian perut bagian atas sehingga akan menimbulkan efek ingin muntah. Mual adalah suatu gejala dan bukan suatu penyakit yang berdiri sendiri tanpa sebab, oleh sebab itu dari segi medis mual dikaitkan juga dengan adanya suatu penyakit yang mendasarinya. Berikut ini akan kami berikan penyebab dari mual itu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya.

15 Macam Penyebab Mual Dan Tips Cara Mengatasinya

15 Hal Penyebab Mual Dan Cara Mengatasinya

  1. Motion sickness atau karena mabuk kendaraan
  2. Hamil muda
  3. Mengonsumsi obat pencetus muntah
  4. Menahan sakit dan stres emosional
  5. Kekenyangan
  6. Adanya penyakit batu empedu
  7. Keracunan makanan
  8. Mengalami diare
  9. Reaksi karena bau tak sedap
  10. Radang tenggorokan
  11. Kondisi dari serangan jantung
  12. Adanya penyakit gegar otak atau tumor otak
  13. Adanya penyakit lambung
  14. Pengosongan lambung yang lambat, biasanya kondisi penderita diabetes.
  15. Minum alkohol dengan berlebihan.

Bila anda telah berkeluarga mungkin mual anda karena anda telah hamil, coba periksa kedokter spesialis agar anda dapat memastikan penyebab mual tersebut, jika dinyatakan positif hamil maka artikel rahasia tips kesehatan ibu hamil muda ini dapat membantu anda.

Banyak sekali hal yang melatarbelakangi mual apabila anda saat ini tengah mengalaminya, berikut ini solusi untuk cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Mual / Cara Menyembuhkan Mual

Minum air putih dan hindari makanan padat

Air putih dapat mengatasi rasa mual anda, oleh karena itu disarankan untuk mengonsumsi air putih dengan bertahap yaitu sedikit-sedikit namun sering. Selain mengontrol dengan minum air putih usahakan juga untuk menghindari makanan yang padat sampai rasa mual anda memang benar-benar pulih.

Hentikan konsumsi obat-obatan

Ada sebagian obat yang dapat mengiritasi lambung sehingga membuat keadaan mual semakin memburuk. Apabila anda memang dianjurkan untuk mengonsumsi obat, maka konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anda bagaimana solusi yang tepat.

Oralit pertolongan dehidrasi

Apabila mual dan muntah tiada henti anda alami lebih dari 24 jam maka oralit adalah pertolongan pertama agar mengobati dehidrasi tubuh.

Bawa ke dokter

Apabila semua solusi telah dilakukan namun mual juga tak kunjung sembuh beberapa hari maka kemungkinan ada penyakit yang menganggu tubuh anda. Untuk orang dewasa diare dan muntah yang berlangsung lebih dari 24 jam harus segera di bawa ke dokter sedangkan untuk bayi atau anak di bawah enam tahun harus dibawa ke dokter apabila keadaan tersebut berlangsung selama 6 jam.

Itulah penyebab dan cara mengatasi rasa mual, semoga mual yang saat ini anda alami hanyalah suatu kondisi yang biasa dan bukan karena penyakit.

loading...