3 Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami & Mudah

Category : Kesehatan

Cacar air merupakan sebuah penyakit yang menular. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang bisa menyebabkan penyakit cacar air disebut dengan virus Varicella Zoster. Umumnya cacar air menyerang anak berusia 3 hingga 5 tahun. pada seorang penderita, biasanya gejala awal berupa demam biasa, badan terasa lesu, lemah dan juga mengalami pilek.

Untuk kasus yang serius, seorang penderita cacar air biasanya disertai dengan rasa nyeri dan pusing lalu setelah beberapa hari akan muncul bercak merah di kulit. Umumnya bercak merah tersebut berukuran kecil dan pertama kali munculnya di area perut, dada, dan punggung. Dari waktu ke waktu cacar air menyebar hingga ke area wajah si penderitanya.

Penyakit cacar air bisa menyerang seseorang selama lebih dari 3 minggu. Tahukah anda penyakit ini termasuk jenis penyakit yang masa penyembuhannya lumayan lama ? Penderita cacar air harus melalui masa karantina di rumah selama satu mingguan agar tidak menularkannya pada orang lain. Jadi, adakah cara mengobati cacar air? Tentu saja ada, setiap penyakit pasti ada obatnya. Begitu juga dengan penyakit cacar air ini.

Walaupun penyakit cacar air bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, anda masih bisa melakukan cara menyembuhkan cacar air dengan cepat. Nah, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai cara mengobati cacar air secara alami.

Cara Mengobati Cacar Air

Cara Mengobati Cacar Air Dengan Alami

  1. Kacang Hijau

Ramuan tradisional yang memanfaatkan kacang hijau ternyata juga bisa menjadi solusi untuk mengobati cacar air. Cara membuatnya adalah dengan merendam kacang hijau dalam air sampai kacangnya mengembang. Setelah itu anda tumbuk sampai halus dan oleskan di bagian kulit yang terkena penyakit cacar air.

  1. Jus Mengkudu

Buah yang terkenal dengan rasa pahitnya ini ternyata juga bisa menjadi obat alami cacar air. Caranya cukup dengan menyiapkan buah mengkudu sebanyak 30 gram saja. pilihlah mengkudu yang sudah matang dan cucilah hingga bersih. Haluskan menggunakan blender sampai menjadi jus mengkudu. Minumlah ramuan ini secara rutin hingga 3 kali dalam sehari.

  1. Kencur

Jika dirasa pengobatan dari luar dengan memanfaatkan kacang hijau dan pengobatan dari dalam dengan buah mengkudu dirasa tidak cocok untuk anda, masih bisa memilih cara mengobati cacar air dengan memanfaatkan kencur.

Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa bahannya seperti kencur sebanyak 15 gram, asam jawa sebanyak 15 gram, dan juga air sebanyak 600 cc. Cucilah semua bahan yang bisa dibersihkan, potonglah kencur kecil-kecil. Rebuslah semua bahannya sampau mendidih dengan air yang sudah disiapkan. Ketika dirasa airnya sudah tinggal setengah saja, anda boleh mengangkatnya. Minumlah ramuan ini hingga 3 kali dalam sehari.

Baca juga : Apa Penyebab Keputihan, Faktor Penyebab Keputihan

Nah, demikianlah artikel tentang cara mengobati cacar air. Pilihlah cara mana yang cocok bagi anda semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.