4 Fakta Yang Kamu Harus Tahu Tentang Bulu Hidung

Category : Kesehatan
4 Fakta Yang Kamu Harus Tahu Tentang Bulu Hidung
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Portalremaja.co.id – Bulu hidung memang terletak di tempat tersembunyi. Meski demikian, Anda harus tahu bahwa bulu hidung mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas apa lagi manfaat yang lain?

 

[sociallocker]

Melindungi tubuh

Fakta yang satu ini mungkin agak mengejutkan, mengingat jumlah bulu hidung yang tak terlalu besar dan tumbuh di tempat tersembunyi. Namun, pada kenyataannya, bulu hidung berfungsi untuk melindungi tubuh Anda.

Bulu hidung memiliki fungsi yang lebih khusus, yaitu menciptakan perisai antara organ dalam tubuh dan polutan dari dunia luar.

Saat bernapas, Anda berpotensi menghirup oksigen sekaligus partikel kecil. Nah, saat itu bulu hidung melakukan tugasnya. Bulu hidung akan menyaring partikel tersebut agar tidak banyak masuk ke dalam tubuh dan memproduksinya sebagian kotoran hidung alias upil.

Menjaga kesehatan tubuh

Tugas lain dari bulu hidung adalah untuk menjaga kesehatan tubuh agar lebih seimbang. Bulu hidung berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh dengan caranya sendiri. Bulu hidung disebut mampu menyaring udara yang melewati saluran pernapasan.

Sejumlah patogen di udara tidak pernah bisa mencapai saluran pernapasan karena dihalau oleh bulu hidung Anda. Bersama dengan cairan dalam hidung, bulu hidung bekerja untuk menjebak partikel dan kuman. Terkadang saat iritan terkena dan disaring bulu hidung, kemudian masuk ke saluran pernapasan, Anda akan bersin untuk mengusirnya.

Membantu penderita asma

Bagi penderita asma, memiliki bulu hidung yang lebat menjadi satu hal yang patut disyukuri. Studi menemukan bahwa bulu hidung yang lebat dapat membantu para penderita asma meningkatkan kemampuan untuk menyaring partikel lebih besar. Bulu hidung yang banyak akan berfungsi lebih baik dalam menyaring partikel kotor yang bisa memicu kambuhnya asma.

Jangan mencabut bulu hidung

Anda tentu pernah tergoda mencabut bulu hidung yang panjangnya sudah melebihi lubang hidung, bukan? Sebelum melakukannya, Anda harus tahu bahwa mencabut bulu hidung dengan paksa bukanlah salah satu cara yang baik.

Pada dasarnya, bulu hidung sama dengan bulu-bulu dan rambut lainnya yang ada pada tubuh. Bulu hidung akan terus tumbuh meskipun Anda mencabutnya. Cara terbaik jika bulu hidung Anda sudah terlalu panjang adalah dengan menggunting ujung bulu hidung. Mencabut bulu hidung hanya akan memberikan rasa nyeri dan meningkatkan risiko infeksi pada hidung.

[/sociallocker]

 

Ada satu lagi fakta menarik tentang bulu hidung, yaitu bulu hidung juga tidak lepas dari kemungkinan berubah warna menjadi putih, atau dikenal sebagai uban. Bulu hidung bahkan disebut sebagai bulu yang akan menjadi uban pertama kali dibandingkan bulu lain di tubuh.