4 Rahasia Tips Kesehatan Wanita Hamil Muda

Category : Kesehatan

Tips kesehatan wanita hamil muda – Ibu hamil mudah memang harus selalu memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsinya demi menjaga kesehatan serta keselamatan janin maupun dirinya. Ibu yang tengah hamil muda kerapkali akan mengalami perasaan campur aduk antara senang, cemas atau mungkin saja bingung.

Selain itu ibu hamil juga akan mengalami rasa kelelahan selama beberapa waktu, rasa mual yang disertai dengan rasa muntah dan tidak jarang beresiko keguguran. Ibu hamil muda seharusnya memperhatikan apa saja yang dikonsumsinya. Hindarilah mengonsumsi ikan mentah atau yang diasap dan daging mentah atau setengah matang demi menghindari resiko kontaminasi dari parasit toksoplasma, salmonella atau juga literia. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan memberikan cara menjaga kesehatan wanita hamil muda.

Tips Kesehatan Wanita Hamil Muda

Beberapa Cara Tips Kesehatan Wanita Hamil Muda

Jaga kesehatan kandungan anda

Jagalah kesehatan kandungan anda dengan mengurangi konsumsi kopi ataupun minuman lainnya yang tinggi kafein. Konsumsilah jenis makanan yang seimbang dan bergizi seperti suplemen asam folat, asam folat dapat mengurangi resiko cacat tabung saraf pada bayi. Saran untuk anda lakukanlah pemeriksaan darah demi mendeteksi adanya infeksi toksoplasma, sitomegalovirus dan herpes.

Olahraga ringan

Tips kesehatan wanita hamil muda selanjutnya ialah cobalah untuk mencari udara segar dengan jalan-jalan atau olahraga ringan setiap pagi. Olahraga ringan ini mampu memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh dan tetap membuat tubuh fit dalam menjalani aktivitas sepanjang hari. Sinar matahari juga dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh secara alami jadi dapat membantu menyerap kalsium dan baik untuk kesehatan tulang.

Hati-hati ketika berhubungan intim

Ketika anda hamil muda sebaiknya kurangi frekuensi hubungan intim anda agar tidak terjadi keguguran spontan. Perhatikan juga posisi ketika anda sedang berhubungan intim, jangan sampai janin anda tertindih ini akan membahayakan karena rahim ibu hamil muda masih lemah. Sedapat mungkin suami harus melakukan ejakulasi di luar atau menggunakan kondim, karena sperma mengandung zat prostaglandin yang dapat merangsang kontraksi uterus dan dapat menyebabkan keguguran.

Baca juga : Resep Makanan Bayi, Cara Membuat Makanan Bayi

Jangan stress & terlalu banyak pikiran

Cara menjaga kesehatan wanita hamil muda selanjutnya ialah jangan stress dan terlalu banyak pikiran karena ketenangan pikiran, mental dan kenyamanan ibu hamil akan berpengaruh pada janin sejak awal. Sebaiknya jangan khawatir berlebihan, apabila perut ibu tersantuk sesuatu janganlah panik karena janin tidak akan merasakan apa-apa.

Seluruh anjuran dalam tips kesehatan wanita hamil muda ini bertujuan demi meringankan kehamilan itu sendiri. Jalanilah masa-masa kehamilan anda ini dengan segenap hati yang gembira, karena semua kekhawatiran dan perubahan yang dialami ibu hamil muda seketika akan lenyap begitu si kecil lahir. Jadi, jangan stress ataupun takut ya..