5 Macam Jenis Jerawat & Penanganannya

Category : Kesehatan
5 Macam Jenis Jerawat & Penanganannya
5 (100%) 5 votes

Macam-macam jenis jerawat – Seperti yang kita tahu jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang setiap orang, tidak pandang bulu semuanya dapat terserang penyakit ini. Faktor kurangnya kesadaran untuk membersihkan wajah secara rutin merupakan faktor yang paling mendasar hadirnya jerawat.

Sebenarnya seperti yang telah kita ketahui, sangat banyak faktor lain yang menyebabkan hadirnya jerawat, seperti ketidak-stabilan hormon, tekanan psikologi atau stress, mengonsumsi makan yang tidak baik, serta sindrom dari suatu penyakit yang ada dalam tubuh.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai berbagai macam jenis jerawat serta cara menanganinya. Maka, coba bacalah artikel di bawah ini dengan sampai tuntas, mungkin anda sedang terserang jerawat seperti salah satu jenis jerawat yang akan saya jelaskan nanti, dan setidaknya ini dapat membantu anda untuk mengatasinya.

cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami

Macam-Macam Jenis Jerawat & Cara Mengatasinya

1. Jerawat biasa

Pada umumnya jerawat jenis ini sering dialami oleh setiap orang, terutama ketika seseorang tersebut sedang menginjak masa puberitas. Karena sudah yang kita ketahui bahwa pada saat ini, hormon kita sedang tidak stabil. Atau bisa juga disebabkan adanya siklus menstruasi, yang hasilnya akan membuat hormon pada wanita menjadi sangat berubah. Jerawat ini bercirikan benjolan berwarna merah. Jerawat ini terjadi karena kulit kita tepatnya pada pori-pori mengalami infeksi bakteri sehingga terjadinya penyumbatan.

Penanganannya:

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluroide sebelum tidur, dengan cara mengoleskannya pada titik jerawat, karena pasta ini dapat mengurangi bengkak dan kemerahan yang pada jerawat. Atau bisa juga menggunakan buah tomat atau lemon, dengan cara dibuatkan masker untuk kulit, selain mengurangi bengkak dan kemerahan pada jerawat, kedua buah ini dapat juga berfungsi untuk menghilangkan noda atau bekas hitam yang ditimbulkan karena jerawat.

2. Komedo

Macam-macam jenis jerawat selanjutnnya yaitu, komedo. Mungkin bagi sebagian orang mengatakan bahwa komedo berbeda dengan jerawat. Padahal, yang harus anda ketahui bahwa komedo itu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri begitu juga dengan jerawat. Komedo terbagi menjadi 2 jenis yaitu komedo tertutup dan komedo terbuka.

Penanganannya:

Cobalah untuk menggunakan putih telur, putih telur dipercaya ampuh untuk mengelupaskan komedo-komedo yang ada pada wajah. Caranya celupkanlah kapas dengan putih telur, usahakalah untuk menggunakan kapas dengan tekstur yang lembut, kemudian tempelkan pada komedo dan diamkan beberapa saat hingga putih telur mengering di wajah kemudian lepaskanlah, dan anda bisa lihat akan banyak komedo yang menempel pada kapas.

3. Jerawat batu

Biasanya jerawat jenis ini nantinya akan menyebabkan bekas hitam dan membuat kulit wajah menjadi bopeng atau cekung. Jerawat batu umumnya diikuti dengan peradangan hebat, peradangan ini akan menimbulkan rasa sakit. Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat batu salah satunya keturunan atau genetis.

Penanganannya:

Penanganan untuk jerawat batu ialah dengan memeriksakan ke dokter spesialis kulit dengan mendapatkan penanganan medis. Karena jerawat jenis ini tergolong berbahaya, karena apabila tidak ditangani dengan benar maka akan membuat jerawat bertambah banyak.

Macam-macam jenis jerawat di atas ada baiknya untuk anda ketahui agar meminimalisir jerawat dan setidaknya mengantisipasi hadirnya jerawat.

Baca juga : penyebab timbulnya bekas jerawat