5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
5 (100%) 5 votes

Sebagai umat beragama islam kita wajib menjalankan ibadah puasa saat bulan rhamadhan tiba selama satu bulan penuh. Saat berpuasa kita di haruskan menahan lapar dan haus selama satu hari penuh sampai tiba waktu azan mahgrib. Saat tiba berbuka puasa kita bisanya akan makan apa saja yang berada di depan kita dari makanan dingin sampai panas. Sampai-sampai tak memikirkan menu yang dia makan sehat atau tidak bagi orang yang sedang menunaikan ibadah puasa.

Sebaiknya sebelum kita menikmati hidangan berbuka puasa alangkah lebih baik kita memmperhatikan makanan yang akan kita konsumsi, Sehat atau tidak bagi orang yang sedang berpuasa. Hal tersebut memiliki tujuan agar tubuh kita selalu mendapat asupan nutrisi yang cukup setelah kita tidak mendapatkan nya selama satu hari penuh.

Di lansir dari laman spirit.web.id, berikut adalah 5 makanan sehat yang bisa anda konsumsi selama anda berpuasa.

5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

1.Sayuran-sayuran Hijau.

Menu makanan sehat yang wajib anda konsumsi saat berbuka puasa yang pertama adalah sayuran hijau, Seperti Bayam,Sawi dan lain-lain. Mengonsumsi sayuran hijau sangatlah penting saat berbuka puasa karena sayuran hijau memiliki kandungan serat dan vitamin yang di perlukan tubuh setelah ber puasa. Selain kaya akan serat dan vitamin mengonsumsi sayuran juga akan mempercepat proses pencernaan dalam tubuh. Dan saat memasak sayuran hal terpenting yang perlu di perhatikan adalah proses memasak sayur tersebut. Memasak sayur sebaik nya janganlah terlalu lama. Karena jika sayur di masak dalam waktu yang lama kandungan vitamin dan nutrisi dalam sayur akan banyak terbuang saat proses memasak, Jadi cukup sebentar saja sudah cukup.

2. Beras Merah.

Selanjutnya menu berbuka puasa sehat adalah beras merah. Pernahkah anda makan beras merah, atau yang biasa di jadikan makanan pada Balita?

Ternyata beras merah sangat bagus dikonsumsi saat kita berbuka puasa dan dapat kita jadikan makanan pokok penganti beras putih. Jika di banding dengan beras putih kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dan juga kadar gula yang sangat rendah. Dan perbedaan lain dengan beras putih kita akan merasa kenyang dengan waktu lebih lama jika di banding dengan mengonsumsi beras putih, selain itu mengonsumsi beras merah juga dapat mengontrol kadar gula yang masuk dalam tubuh kita. Selain untuk berbuka puasa anda juga dapat mengonsumsi beras merah saat waktu sahur tiba.

3. Buah Segar.

Buah segar menjadi menu buka puasa selanjutnya dan dapat anda makan setelah anda mengonsumsi makanan lain nya atau menjadi hidangan penutup. Kandungan vitamin yang banyak pada buah akan menjadikan tubuh anda segar setelah ber puasa seharian. Buah-buahan yang di sarankan untuk di konsumsi sebaiknya yang mengandung karbohidrat antara lain semangka,Melon,pisang dan masih banyak lagi . Selain memiliki kandungan vitamin dan serat buah juga akan membantu proses pencernaan dalam tubuh kita.

4. Kacang-kacangan.

Orang yang sedang menjalankan puasa selama satu hari maka dia akan kekurangan protein yang di perlukan tubuh, jadi mengonsumsi kacang-kacangan saat berbuka sangat bagus karena kacang-kacangan kaya akan protein nabati. Anda juga bisa membuat menu makanan dari kacang-kacangan dan anda kombinasikan dengan sayur-sayuran untuk berbuka puasa. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan protein maka hal ini akan mebantu kita beradaptasi saat mengonsumsi makanan berat selanjutnya.

5. Oats.

Untuk kalian yang merasa jenuh dengan mengonsumsi nasi merah ataupun Putih Oat dapat anda jadikan referensi untuk berbuka puasa. Anda dapat mencampur Oat dengan Buah-buahan agar rasanya semakin nikmat. Dengan mengonsumsi Oat yang kaya akan serat anda akan mempercepat proses pencernaan anda.

Nah itulah beberapa menu sehat yang perlu anda coba saat berbuka puasa agar puasa tetap lancar dan badan juga tetap vit. 

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.