5 Tips Cara Berhemat Uang Sesuai Pengeluaran Agar Sejahtera

Category : Finansial

Hemat pangkal kaya, mungkin itulah secuil kalimat yang sering kita dengar ketika duduk di bangku sekolah dulu. Tak dapat di pungkiri manusia tempatnya khilaf salah satunya menghabiskan uang yang kita miliki karena hal yang tak kita perlu. Padahal masih banyak kewajiban yang harus kita lakukan seperti menabung, berbelanja keperluan bulanan, membayar listrik, air, dan lain sebagainya tapi tanpa di sadari kita telah menghabiskan uang tersebut untuk berpoya poya. Jika anda salah satunya maka bacalah tips cara berhemat sesuai keperluan dibawah ini.

5 Tips Cara Berhemat Uang Sesuai Pengeluaran Agar Sejahtera

Foto : Cara Berhemat Uang

5 cara Berhemat Uang Dengan Mudah

 

 

  1. Menabunglah

Masih ingat waktu kecil kita sering menabung uang kedalam celengan ayam yang dibelikan oleh orang tua ? nah cobalah lakukan hal tersebut sekarang, setiap kali anda mendapatkan gaji sisihkan 20% untuk dimasukkan kedalam celengan ayam itu serta konsistenlah. Nanti anda akan terkejut betapa banyak uang yang anda miliki di dalam celengan tersebut. Mungkin anda perlu membaca tulisan kami yang berjudul 6 Cara Menabung Yang Baik Untuk Masa Depan agar anda tahu lebih lengkap bagaimana menabung yang baik dan benar.

  1. Lakukan Kewajiban Terlebih Dahulu

Setelah anda menabung, selanjutnya lakukanlah kewajiban terlebih dahulu seperti sedekah, membeli keperluan bulanan, bayar cicilan kredit, bayar listrik, bayar air, dll. Jika semuanya sudah dibayarkan maka fikiran anda pun tenang untuk 1 bulan kedepan. Perlu saya tekankan jangan pernah meremehkan hal ini, jangan sampai anda menundanya bila tidak ingin susah di kemudian hari.

  1. Jangan Terlalu Sering Hangout

Saya sangat setuju hangout itu menghabiskan banyak uang, bagaimana dengan anda ? kurangilah waktu hangout anda sebab bila kita sudah berkumpul dengan teman teman di cafe / tempat tongkrongan maka dapat dipastikan kita pun akan mengeluarkan uang. Saya tidak melarang anda untuk berkumpul bersama teman / pacar anda namun kurangilah hal tersebut agar penghematan yang anda lakukan bisa membuahkan hasil.

  1. Jadilah Jomblo

Khusus untuk point ini saya sarankan bagi para remaja, dan bila anda sudah menikah tidak perlu melakukan hal ini. Coba anda flashback lagi kebelakang dalam 1 bulan berapa kali anda mengajak pacar untuk nonton, jalan jalan, karaoke, makan diluar, membelikan kado dan semua hal yang menghabiskan uang ? pasti cukup banyak bukan ? ya hal tersebut tidak akan terjadi bila anda jomblo.

Baca juga : 1000 Tips Ampuh Cara Melupakan Mantan Pacar Seketika

  1. Buatlah Anggaran Pengeluaran Setiap Hari

Yang terakhir adalah buatlah anggaran setiap hari misalnya anda harus konsisten mengeluarkan uang tidak lebih dari 50rb / hari. Ketika pertama kali melakukannya pasti anda akan sedikit risih , teman teman anda akan menganggap anda pelit, dan akan banyak cobaan disekitar anda nantinya. Namun bila sudah terbiasa hal tersebut malah menjadi kebiasaan yang baik untuk diri anda sendiri.

Nah itulah tadi 5 cara berhemat sesuai keperluan anda, bila anda melakukan semuanya secara konsisten dapat dipastikan hidup anda akan lebih sejahtera dibanding sebelumnya. Tapi ingat sehemat apapun anda nantinya jangan sampai lupa sedekah kepada orang yang lebih membutuhkan karena itulah kunci pintu rejeki anda nantinya.