5 Tips Rahasia Cara Mendidik Anak Yang Baik & Benar

Category : Kesehatan
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Cara mendidik anak dapat dilakukan sejak awal saat ia masih dalam kandungan. Mereka merupakan investasi masa depan yang harus diarahkan dengan benar. Sedikit saja orang tua salah dalam mendidik anak dapat berakibat fatal. Untuk mendidiknya tidak hanya kewajiban seorang ibu atau ayah saja namun kedua-duanya harus saling bekerja sama untuk mendidik sang buah hati dan memberikan yang terbaik.

cara mendidik anak yang baik dan benar

Berkit 5 Cara Mendidik Anak Yang Baik Tergantung Dari Usianya

Mendidik Anak dalam Masa Kandungan

Pertama, semasa dalam kandungan, bayi diberikan gizi yang seimbang agar nantinya anak yang terlahir sehat dan cerdas. Selain itu dalam pandangan Islam, sering-seringlah membacakan ayat-ayat Al-Qur’an agar anak yang lahir mempunyai akhlak yang mulia.

Mendidik Anak Pasca Lahir

Kedua, berilah nama yang baik dan indah untuk sang anak karena menurut pandangan Islam nama yang baik dapat menjadi do’a untuk anak tersebut. Mulai kenalkan anak terhadap lingkungan keluarga dengan bahasa yang halus. Perkembangan motorik anak pada usia 1 – 18 bulan sangat cepat oleh karena itu setiap yang diucapkan atau dilakukan oleh orang tua dapat dengan cepat ditirukan oleh sang anak, sebab itu ajarkan kepada sang anak semua yang baik-baik dan jangan pernah menampakkan kejelekan di depan sang anak.

Mendidik Anak pada Usia 0 sampai 7 tahun

Ketiga, menginjak masa kanak-kanak atau masa-masa sekolah ini merupakan usia yang rentan karena anak dapat terpengaruh oleh lingkungan luar atau kawan bermain. Mungkin Anda merupakan orang tua yang super sibuk atau tidak memiliki cukup waktu untuk sang anak? Sebaiknya Anda dapat mengatur waktu dengan baik. Cara mendidik anak ketika masih dalam usia 0 sampai dengan 7 tahun ini harus intensif. Anak sangat menginginkan kedekatannya dengan sang ibu. Jika sang ibu sibuk dan tidak ada waktu sama sekali untuknya, justru ini akan menghancurkan masa kebahagiaan dan keceriaan sang anak. Setidaknya sang ibu dapat menyisihkan waktu di sore dan malam hari untuk sang anak, jika Anda ingin tetap bekerja atau tidak dapat meninggalkan pekerjaan Anda.

Mendidik Anak dalam Aktivitas sehari-hari

Keempat, jadilah ibu dan ayah yang cerdas dalam kegiatan kecil sehari-hari. Ibu yang cerdas akan pandai memahami keadaan anaknya. Masa tidur yang baik untuk anak, minuman, makanan, dan pakaian yang baik untuk anak. Setiap orang tua perlu mengetahui hal-hal kecil tersebut. Pendidikan tidak hanya perkara besar namun bisa dimulai dari hal-hal kecil tersebut. Ajarkan kepada anak waktu yang tepat untuk tidur. Adab yang baik ketika ia tidur, makan, minum, dan berpakaian. Jika anak melakukan kesalahan, jangan lantas memarahinya tetapi tegurlah ia dengan pelan-pelan dan kata-kata yang halus. semakin sering ia mendengarkan kekerasan bisa mengakibatkan pula hatinya keras dan dapat mempengaruhi psikologinya.

Mendidik Anak pada Masa Sekolah

Cara mendidik anak yang Kelima adalah saat ia memasuki usia Sekolah Dasar (SD) ajarkan kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Misalnya mengajarkan bangun tidur tepat waktu dan langsung merapikan sendiri tempat tidurnya. Membimbing ia ketika belajar, jangan sampai ia terlalu asyik dalam bermain atau sebaliknya terlalu dalam belajar.  Pada masa sekolah antara bermain dan belajar harus seimbang. Jangan lupa memberikan motivasi ketika ia mengalami kegagalan pada prestasi belajarnya.

Baca juga : Perselisihan dalam rumah tangga bisa mengakibatkan penyakit jantung

Itulah 5 tips cara mendidik anak dengan baik dan benar versi caraku.net yang bisa anda terapkan pada si buah hati, saya ingatkan lagi anak adalah investasi anda di masa depan jika anda salah mendidiknya maka sia sialah investasi anda tersebut, terimakasih.

loading...