6 Porsi Makanan yang Tepat Untuk Nutrisi Tubuh Sehat

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

6 Porsi Makanan yang Tepat Untuk Nutrisi Tubuh Sehat
4.6 (91.43%) 7 votes

Kebutuhan makan adalah kebutuhan pokok manusia. Tetapi, makan tidak hanya sekedar memasukkan makanan ke dalam mulut, asupan nutrisi tubuh pun harus diperhatikan. Caranya adalah dengan mengatur porsi makanan secara tepat. Dengan begitu gizi yang dibutuhkan tubuh pun dapat terpenuhi. Bagaimana caranya? Berikut ini telah kami rangkumkan untuk Anda, selamat membaca.

6 Porsi Makanan yang Tepat Untuk Nutrisi Tubuh Sehat

Porsi Seimbang Untuk Memenuhi Gizi

  1. Karbohidrat

Karbohidrat dapat bersumber dari nasi atau gandum. Porsi nasi yang disarankan per hari adalah sebanyak 200-300 gram. Sebagai gambaran, satu piring nasi beratnya sekitar 105 gram, sehingga setiap hari dibutuhkan sekitar 2-3 piring nasi. Apabila diganti dengan roti, yang dianjurkan adalah 6 lembar roti per hari,

  1. Sayur mayur

Selanjutnya adalah sayuran. Porsi penyajian sayuran yang dianjurkan adalah 3-4 porsi per hari. Sebagai gambaran, setiap penyajian sebanyak 1 mangkuk kecil sayuran mentah (contoh: lalapan, salad sayur), atau setengah mangkuk sayuran masak (sayur bayam, sayur sup), atau bisa juga setengah mangkuk jus sayuran. Pilihan tersebut dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Buatlah variasi menu agar tidak bosan.

  1. Buah-buahan

Pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh selanjutnya adalah dari buah-buahan. Setiap hari, porsi buah-buahan yang dianjurkan dalah sebanyak 4 kali penyajian. Untuk sekali penyajian dapat memilih alternatif berikut ini: 1 buah ukurang sedang (berukuran bola baseball; misalnya apel, jeruk, pir), seperempat mangkuk buah kering (misalnya kismis, cermai), setengah mangkuk buah kalengan atau buah beku (misalnya rambutan atau pir kalengan).

  1. Produk olahan susu rendah lemak

Kemudian, penyajian produk olahan susu yang dianjurkan adalah sebanyak 2-3 kali penyajian. Untuk alternatif setiap satu kali penyajian adalah sebagai berikut: satu gelas susu rendah lemak, satu gelas yoghurt rendah lemak, satu setengah ons keju rendah lemak.

  1. Daging dan makanan laut

Bahan makanan ini juga dibutuhkan oleh tubuh. Porsi penyajian masakan daging dan makanan laut yang dianjurkan adalah sebanyak 3-6 ons per hari. Untuk alternatif penyajiannya adalah sebagai berikut: 3 ons daging masak (kira-kira ukurannya sebesar mouse komputer) dan 3 ons olahan ikan (kira-kira berukuran sebesar buku kuitansi).

  1. Kacang-kacangan

Bahan makanan kacang-kacangan ini misalnya kacang hijau, kacang merah, jagung, kedelai, dan sebagainya. Untuk porsi penyajian yang disarankan adalah sebanyak 3-4 kali penyajian setiap minggu. Sebagai alternatif penyajian untuk memenuhi gizi adalah sebanyak sepertiga mangkuk kacang, 2 sendok makan selai kacang, dan setengah mangkuk kacang-kacangan yang dikeringkan (contoh: kacang polong, kacang atom).

Baca juga : 5 Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Wanita

Demikian porsi seimbang untuk memenuhi nutrisi tubuh yang dapat diterapkan. Mari atur pola makan kita demi kehidupan yang lebih sehat. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat dalam kehidupan kita semua.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.