7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak HP Mahal Kamu Lho, Awas Ntar Nyesal

Category : Teknologi

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

7 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak HP Mahal Kamu Lho, Awas Ntar Nyesal
Berikan Rating Untuk Artikel Ini
Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak HP Mahal Kamu Lho, Awas Ntar Nyesal

Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Merusak HP Mahal Kamu Lho, Awas Ntar Nyesal

Portalremaja.co.id – Kita pasti memiliki kebiasaan-kebiasaan ketika sedang menggunakan smartphone kita. Bisa itu kebiasaan yang baik seperti rajin membersihkan layar atau men-charge dengan benar atau malah kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

Diluar itu, ada beberapa kebiasaan yang kita anggap sepele malah ternyata dapat memberikan efek buruk pada smartphone kita. Akibatnya, Smartphone kita sering cepat panas atau sering hang padahal umurnya belum lama.

Apa saja kebiasaan tersebut? Mari kita lihat

1. Tetap menggunakan Handphone saat mengisi baterai

Perlu kita tahu, saat kita mengisi baterai, handphone kita akan menghasilkan panas yang cukupp tinggi. Jika kita tetap menggunakan handphone saat pengisian, maka handphone akan menghasilkan panas ekstra karena adanya aktifitas. Jika kita melakukan ini terus menerus, maka umur baterai akan berkurang dan dapat menyebabkan handphone kita cepat rusak..

2. Tidak menutup aplikasi setelah digunakan

Hal ini biasanya terjadi pada pengguna Android, karena aplikasi yang selesai kita pakai tidak akan menutup secara otomatis. Aplikasi tersebut akan tersembunyi dan tetap berjalan di background handphone kita.

Setiap aplikasi yang tersebunyi dan tetap berjalan ini akan tetap menghabiskan baterai kita. Apabila banyak aplikasi yang tetap berjalan, maka bisa kita prediksi bahwa baterai kita akan terus meneurs tersedot dan akan berpengaruh ke umur baterai dan handphone.

3. Salah memilih casing handphone

Memilih case sendiri memanng menjadi hal yang lumrah karena masalah selera dan kada proteksi untuk handphone kita. Tapi sering kali tidak semua casing cocok untuk handphone yang kita miliki

Casing yang terlalu ketat atau bahan yang kurang bagus akan membuat handphone cepat menjadi panas dan dapat menyebabkan kerusakan handphone, baik dari segi fisik maupun mesin dan baterai.

4. Lupa mematikan WiFi atau Bluetooth.

Mungkin ini adalah salah satu kebiasaan yang sering dianggap sepele dan diabaikan begitu saja. Tidak mematikan Wifi dan Bluetooth saat tidak berada dalam jaringan mengakibatkan handphone kita akan terus bekerja keras mencari koneksi sehingga daya yang dibutuhkan juga cukup menyedot baterai. Hal ini mengakibatkan baterai bisa cepat rusak.

5. Terlalu sering chatting atau games.

Memang kegunaan smartphone saat ini adalah untuk berkomunikasi, salah satunya adalah lewat Chatting. Ternyata penggunaan chatting yang berlebih dana pat berpengaruh besar ke prosesor dan baterai. Suhu yang meningkat saat kita chatting atau bahkan bermain game itu sangat berperan dalam umur baterai. Jika dilakukan terus menerus, chatting dan bermain game diatas batas normal akan mengakibatkan smartphone cepat rusak

6. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Lama Kosong

Baterai smartphone berisi sel-sel baterai yang akan menampung arus listrik. Saat daya yang ditampungnya habis, sel-sel baterai akan mulai tidur. Jika semua sel kehabisan daya yang ditampungnya, maka akan membuat proses ‘membangunkan’ sel baterai semakin lama.

Bahkan bukan tidak mungkin sel baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik. Makanya jika dalam keadaan darurat, gunakan bantuan power bank; pokoknya segera isi baterai kamu begitu kosong. Minimal 20% lah.

7. Nge-charge Smartphone Pake Laptop

Dengan menghubungkan smartphone ke laptop kamu jadi bisa melakukan transfer data dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan koneksi internet. Selain bertukar file, laptop kamu bisa digunakan untuk nge-charge smartphone.

Tapi tahukah kamu, bahwa nge-charge laptop itu bisa membahayakan smartphone? Bukan hanya smartphone, terlalu sering nge-charge smartphone menggunakan laptop juga bisa merusak laptop kamu.

Itulah beberapa kebiasaan yang kecil tetapi sangat berpengaruh kepada umur smartphone kita. Jadi, bijaksanalah dalam penggunaannya sehingga smartphone kita berumur panjang dan tidak cepat rusak

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.