7 Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Ini Bikin Kaget, Sudahkah Kamu Tahu ? 

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

7 Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Ini Bikin Kaget, Sudahkah Kamu Tahu ? 
Berikan Rating Untuk Artikel Ini
7 Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Bikin Kaget, Sudahkah Kamu Tahu ?

7 Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Bikin Kaget, Sudahkah Kamu Tahu ?

Air kelapa menjadi minuman favorit sebagian orang karena rasanya yang enak dan segar. Ternyata, selain rasanya yang enak, air kelapa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Air kelapa mengandung nutrisi penting dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Apa saja?

1. Sumber Nutrisi yang Baik

Dikutip Healthline, air kelapa diproduksi secara alami di dalam buahnya. Mengandung 94 persen air dan sedikit lemak. Secangkir air kelapa (240 gram) mengandung sekitar 46 kalori. Selain itu, secangkir air kelapa juga mengandung 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein, 10 persen vitamin C dari asupan harian yang direkomendasikan, 15 persen magnesium dari asupan harian yang direkomendasikan, 17 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan, 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, dan 6 persen kalium dari asupan harian yang direkomendasikan.

2. Mengandung Unsur Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang diproduksi di sel tubuh selama proses metabolisme. Produksi radikal bebas akan meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera. Bila ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh dikatakan berada dalam keadaan stres oksidatif yang bisa merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian tentang hewan yang terpapar toksin telah menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan, memodifikasi radikal bebas sehingga tidak menimbulkan bahaya. Satu studi menemukan bahwa tikus dengan kerusakan hati memperlihatkan peningkatan signifikan pada stres oksidatif saat mereka diobati dengan air kelapa, dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat pengobatan. Namun sejauh ini belum ada percobaan pada manusia.

3. Mampu Menangkal Diabetes

Dalam sebuah penelitian, tikus dengan diabetes yang diobati menggunakan air kelapa mampu mempertahankan kadar gula darah lebih baik dibandingkan tikus diabetes lainnya. Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus memiliki tingkat hemoglobin A1c yang lebih rendah, ukuran kontrol gula darah jangka panjang.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia. Meski begitu, dengan tiga gram serat dan kandungan karbohidrat yang bisa dicerna hanya enam gram per cangkir, air kelapa mudah masuk ke dalam rencana makanan penderita diabetes.

Selain itu, air kelapa adalah sumber magnesium yang baik, yang telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan pradiabetes.

4. Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal

Minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air biasa merupakan pilihan yang tepat, namun satu studi menunjukkan bahwa air kelapa mungkin lebih baik lagi.

Dalam sebuah studi pada tikus penderita batu ginjal, air kelapa ditemukan untuk menjaga agar kristal tetap menempel pada ginjal dan bagian lain agar tidak mengganggu saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Minum air kelapa bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, tikus yang mengkonsumsi air kelapa memiliki reduksi kolestrol darah dan trigliserida. Mereka juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

6. Bisa Mengurangi Tekanan Darah

Satu studi kecil pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi air kelapa menunjukkan adanya perbaikan sebanyak 71 persen pada tekanan darah sistolik. Ini merupakan jumlah yang tertinggi.

7. Bermanfaat setelah Olahraga Berkepanjangan

Dua penelitian menemukan bahwa air kelapa mengembalikan hidrasi setelah berolahraga lebih baik daripada air dan minuman olahraga elektrolit tinggi.

loading...
susi

Author: 

Menulis adalah kesenangan saya, saya merupakan kontributor yang mengandalkan fakta yang aktual dan berita terpanas yang sedang heboh saat ini.