7 Syarat Untuk Membuat Novel

Category : Sastra
7 Syarat Untuk Membuat Novel
4.58 (91.53%) 59 votes

Ada banyak sekali cara untuk memulai menulis sebuah fiksi. Namun hanya sebagian yang mampu menghasilkan karya yang sianggap layak untuk dipublikasikan. Setiap orang yang berprofesi sebagai penulis khususnya, tentu sudah mahir dalam menciptakan karya sastra tersebut dengan baik. Nah, bagaimana dengan anda yang baru mencoba ingin membuat sebuah karya fiksi? Seorang penulis fiksi memanglah seorang yang ahli dalam mengkhayal lalu menuliskannya. Tetapi alangkah baiknya bagi anda yang hendak menciptakan sebuah karya sastra novel mengetahui beberapa syarat penulisan novel. Jadi, selain keahlian mengkhayal yang sudah anda miliki, karya anda akan bertambah sempurna dengan berpedoman pada syarat penulisan novel.

7 Syarat Pembuatan Novel

Sebelum memasuki 7 syarat pembuatan novel, ada baiknya saya berikan 7 panduan dalam menyempurnakan tulisan fiksi anda.Untuk menciptakan sebuah karya sastra yang disenangi, selain memiliki alur cerita yang fantastis, cerita tersebut juga harus dilengkapi dengan beberapa cerita yang dapat mendukungnya. ketujuh panduan tersebut ialah:

  • Siapakah tokoh utama dalam kisah yang anda tulis?
  • Hal apa yang paling penting dalam kehidupan tokoh utama tersebut? Misalnya, cita-cita, pekerjaan, pasangan, atau orang tua.
  • Apa atau siapa yang dapat menyebabkan konflik dalam kisah tersebut? Misal, cita-cita yang tidak kesampaian, sulit mendapat pekerjaan, perpisahan dengan pasangan, atau pertengkaran dengan orang tua.
  • Bagaimana perjuangan si tokoh utama dalam menyelesaikan berbagai rintangannya tersebut? Hal ini akan menjadi sebuah alur cerita yang cukup panjang.
  • Peristiwa apa yang akan mulai meredakan berbagai konflik yang terjadi?
  • Pemilihan adegan yang tepat untuk menggambarkan penyelesaian konflik tersebut.
  • Pemilihan ending yang dramatis sebagai akhir dari semua kisah dan konflik yang telah terjadi.

Nah, setelah menyelesaikan ketujuh hal yang dapat memandu anda menuliskan cerita, anda perlu melakakukan 5 tahapan dan syarat pembuatan novel berikut ini.

1. Pre-Writing

Untuk memulai penulisan, anda harus menentukan tema serta genre dari cerita yang nantinya akan anda buat. Tema yang anda pilih harus tema yang unik dan tidak klise. Sebuah novel yang baik akan menampilkan karakter tokoh-tokohnya yang konsisten. Anda boleh menampilkan sikap tokoh yang berubah namun tetap pada karakternya. Perubahan sikap dari tokoh yang anda tampilkan haruslah jelas dan unik penyebabnya.

Selanjutnya anda harus merampungkan deskripsi tempatnya sedetail mungkin. Berbeda dengan karakter yang bisa anda munculkan seliar mungkin sesuai dengan khayalan anda, sebuah deskripsi tempat kejadian harus terkontrol agar sesuai dengan kenyataan. Hal ini dapat membuat pembaca masuk ke dalam cerita.

2. Drafting

Pada langkah ini anda akan mulai menulis. Tuliskan apapun imajinasi yang melintas di kepala anda. Jangan dulu memikirkan apakah hasil tulisan anda akan laku atau tidak. Namun harus tetap pro pembaca. Anda bisa melakukan observasi ke tempat yang sesuai untuk mendapatkan sedikit gambaran sehingga membantu anda menulis dengan lancar nantinya. Langkah drafting:

  • Menulis ide cerita
  • Gabungkan dengan ketujuah panduan di atas
  • Menjabarkan karakter
  • Membuat opening dengan kata-kata yang menarik dan tidak mudah ditebak
  • Mengembangkan cerita

3. Revising

Revisilah berbagai kesalahan yang menurut anda akan terasa janggal ketika membaca tulisan anda. Baik itu kesalahan kecil seperti penggunaan tanda baca maupun EYD, hingga kesalahan besar seperti cerita yang sukar dipahami, melompat-lompat karena tidak berkesinambungan.

4. Editing & Proofreading

Sebelum menyelesaikannya hingga ke penerbit, anda bisa mencari seorang kerabat yang mau menjadi pembaca pertama. Mintalah mereka mengkritiknya. Hal ini sangat penting untuk perbaikan dalam tulisan anda hingga mencapai kesempurnaan.

5. Publishing

Setelah semuanya dirasa sudah cukup rampung, anda bisa mulai mencari penerbit yang potensial dan sesuai dengan naskah yang anda buat. Namun sebelumnya anda juga harus mempelajari syarat pengiriman naskah ke penerbit. Seperti pemakaian huruf dan kertas.

Sekian syarat pembuatan novel dari saya. Selamat mencoba.

loading...