7 Tips Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Terbukti Ampuh

Category : Kesehatan
7 Tips Cara Mengatasi Selangkangan Gatal Terbukti Ampuh
5 (100%) 1 vote

Portalremaja.co.id – Gatal pada selangkangan disebut tinea cruris, biasanya karena infeksi jamur tinea. Jamur ini bisa tumbuh subur di daerah tubuh yang hangat serta lembap, misalnya pada lipatan paha bagian dalam (selangkangan), alat kelami serta bokong. Keluhan biasanya dialami pada orang yang kerap berkeringat, sering memakai celana ketat atau memiliki penyakit tertentu seperti diabetes.

Pria lebih sering mengalami gejala ini daripada wanita. Jika terjadi keluhan gatal pada selangkang ini tentunya anda akan mencari obat atau salep untuk meredakan gejala tersebut. Gatal pada selangkangan bisa menular dan mudah menyebar. Dilansir dari alodokter.com, penularannya bisa terjadi akibat kontak langsung dari kulit ke kulit, seperti penggunaan handuk yang sama.

Pengobatan keluhan gatal pada selangkangan disesuaikan dengan penyebabnya. Obat gatal yang ringan terdapat dalam berbagi jenis, mulai dari obat salep, krim, atau bedak antijamur. Anda bisa membelinya diapotik karena dijual secara bebas. Anda bisa membeli jenis obat seperti miconazole, naftifine, clotrimazole, ketoconazole, atauoxiconazole. Cara menggunakan salep atau krim antijamur ini yaitu bersihkan dahulu dan keringkan kulit, lalu oleskan obat 1-2 cm melebihi tepi yang terdampak jamur. Namun perlu diwaspadai, jika menggunakan jenis obat tertentu anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain menggunakan obat, ada perawatan sederhana yang bisa dilakukan untuk meredakan atau menghilangkan gatal pada selangkangan, yaitu:

1. Rajin membersihkan area selangkang, setidaknya 2-3 kali dalam sehari.

2. Jangan gunakan handuk yang sama.

3. Gantilah pakaian setiap hari, terutama celana dalam.

4. Jagalah kulit di area selangkangan agar tetap bersih dan kering.

5. Memakai pakaian longgar, agar tidak menggesek atau menyentuh area yang terinfeksi.

6. Usahakan memakai pakain yang 100% terbuat dari katun.

7. Jika area selangkangan terasa gatal dan berkeringat, segeralah keringkan.