8 Cara Mudah Merawat Mobil

Category : Automotif
8 Cara Mudah Merawat Mobil
5 (100%) 3 votes

Anda seorang pemilik mobil? Atau ingin membeli sebuah mobil? Sebaiknya perhatikan dulu cara merawat mobil yang akan saya berikan. Sebagian masyarakat beramai-ramai membeli mobil baru karena semakin mudah saja proses kredit mobil sekarang ini. Apalagi kebijakan dari pemerintah untuk menurunkan bea masuknya kendaraan import. Agar anda para pemilik mobil baru, menjadi hal yang penting untuk mengetahui cara merawat mobil agar awet dan tetap terlihat kinclong.

8 Cara Mudah Merawat Mobil Kesayangan

1. Perawatan Cat

Cucilah mobil anda dengan sabun ataupun sampo yang dapat menghilangkan noda ataupun kotoran pada cat body mobil anda. Gunakan juga lap yang dijual khusus untuk pemakaian pada mobil saja. Saran saya pilihlah lap sehalus mungkin. Pakaikan mobil anda dengan kain penutupnya atau parkirkan mobil anda di dalam garasi di malam hari. dinginnya suhu di malam hari bisa memudarkan cat mobil anda.

2. Mengganti Oli

Lakukan penggantian oli sesuai dengan prosedurnya, anda bisa membaca aturan yang dikeluarkan oleh produsen mobil tersebut. Pada umumnya penggantian oli yang pertama kali akan lebih singkat dibandingkan dengan penggantian seterusnya. Jangan sampai terlambat melakukan penggantian oli agar mesin pada mobil tidak cepat rusak.

3. Pemakaian Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar untuk sebuah mobil yang baru saja dibeli sangatlah berpengaruh. Kesalahan dalam penggunaan bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan mesin pada mobil anda. Kinerja mobil anda akan menjadi tidak maksimal lagi. isilah bahan bakar untuk mobil anda di pom bensin atau tempat mengisi bahan bakar yang resmi.

4. Air Radiator

Gunakan air bersih untuk radiator mobil anda. Jangan sembarangan menggunakan air. Bila perlu gunakan air dalam kemasan yang banyak dijual di toko-toko. Karena jika air kotor yang digunakan untuk radiator tersebut akan menyebabkan mengendapnya kotoran dari air tersebut di radiator anda dan akhirnya menyumbat saluran pendingan mobil.

5. Kecepatan Mobil

Selain perawatan yang ditujukan ke mobilnya langsung, anda juga perlu mengendarai mobil dengan kecepatan sedang dan tidak terlalu tinggi untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil anda.

6. Transmisi

Gunakan transmisi yang sesuai sebagaimana fungsi yang sebenarnya. Gunakan gigi rendah untuk memperoleh kecepatan rendah, dan sebaliknya.

7. Beban Ideal

Hindari muatan yang berlebihan pada mobil anda. Muatan yang berlebihan dapat menyebabkan mobil cepat rusak dan masalah saat berkendara. Hal tersebut terjadi karena beban yang lebih mengakibatkan tidak stabil serta mudahnya terjadi kecelakaan berlalu lintas.

8. Tidak Mengerem Secara Mendadak

Jangan menekan rem secara mendadak. Hal tersebut dapat membuat kampas pada rem mobil menjadi tidak awet dan dapat membahayakan saat berkendara.

Itulah 8 cara merawat mobil dari saya, semoga dengan tips trik ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian ya.