MENAKUTKAN, Inilah 6 Akibat Duduk Terlalu Lama Di Kursi BAHAYA !

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

MENAKUTKAN, Inilah 6 Akibat Duduk Terlalu Lama Di Kursi BAHAYA !
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Ada di posisi yang sama dalam waktu lama adalah sebuah kebiasaan buruk. Salah satu yang sering kita lakukan yakni kebiasaan duduk terlalu lama, lantas tahukah anda apa akibat duduk terlalu lama di kursi ? coba deh kamu hitung dulu berapa lama anda duduk dalam satu hari ?

TIdak sedikit dari kita suka duduk bahkan 9 jam dalam sehari kita habiskan pada posisi ini. Sedangkan tubuh kita tidak diperbolehkan ada di satu posisi dalam waktu lama, melainkan diharuskan bergerak pada banyak posisi.

Pernahkah anda merasa sedang duduk namun fikiran anda tidak ada di posisi itu ? nah itu salah satu akibat dari duduk yang terlalu lama.

Sebagaimana yang kami lansir dari laman Brilio.net, Sabtu (01/7/2017), tubuh kita punya 360 sendi dan 700 otot yang menggerakan bagian tubuh. Lalu sistem syaraf dan pembuluh darah manusia bergantung sepenuhnya pada gerakan yang kita lakukan, kedua sistem itu akan berfungsi maksimal bila kita melakukan gerakan.

Lantas apa akibat duduk terlalu lama di kursi dan berada di posisi yang sama pada waktu lama ? inilah yang terjadi pada bagian tubuh anda nantinya.

Menakutkan, Inilah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Kursi Yang Harus Kamu Tahu

Menakutkan, Inilah Akibat Duduk Terlalu Lama Di Kursi Yang Harus Kamu Tahu

Bahaya dan Akibat duduk terlalu lama di Kursi Yang Harus Kamu Tahu

1. Punggung dan Bahu

Bagian yang akan pertama kali merasakan efeknya yaitu punggung dan bahu. Bagian tersebut akan kehausan cakram dan sendi. Kebiasaan kita duduk biasanya malas untuk membungkuk bahkan menyenderkan badan dalam waktu yang cukup lama. Posisi ini membuat otot punggung bekerja sangat keras. Tak hanya itu, posisi kepala pun akan sedikit maju dan berkonsentarsi sehingga membuat ototnya tegang.

2. Pinggul dan kaki

Akibat duduk terlalu lama di kursi menurut salah satu dokter, Dr. Clare Morrison akan terjadi atrofi otot di bagian kaki. Atrofi adalah penyusutan bagian otot. Tak hanya itu, dengan anda di posisi duduk cukup lama mengakibatkan masalah sendi pada pinggul karena otot fleksor pinggul memendek lama dengan posisi anda yang sedang duduk. Tak hanya itu, sirkulasi darah pun akan menjadi buruk di bagian kaki dan mengakibatkan varises.

Baca juga : Inilah 9 Penyebab Bau Badan / Cara Mengatasi Bau Badan

3. Sistem Jantung dan Kardiovaskular

Sistem yang ada pada manusia dibuat dalam posisi berdiri untuk dapat bekerja secara efektif. Jadi bila kamu banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk terlalu lama, kamu akan punya resiko penyakit jantung lebih besar.

Ada satu penelitian yang dilakukan pada 2010 silam mengungkapkan ada perbedaan orang dewasa yang menghabiskan 2 jam waktunya dalam sehari dan 4 jam sehari untuk menonton TV, hasilnya cukup mengejutkan, sekitar 125% penyakit kardiovaskular akan mengidapt pada kelompok yang menghabiskan waktu lebih banyak pada posisi duduk, hal ini tentu mengakibatkan resiko kematian sebsar 46%.

4. Paru-Paru

Bila anda keseringan duduk maka akan membuat paru-paru anda mengalami pengurangan jumlah oksigen, dengan begitu otomatis kinerja paru-paru akan kurang maksimal dan berdampak pada tubuh anda.

5. Otak

Akibat terlalu lama duduk di kursi yang ke 5 akan berdampak pada otak anda. Pasalnya dengan anda duduk dalam waktu lama, oksigen dan darah yang masuk ke otak akan sedikit terhambat. Hal ini membuat kadar hormon endorfin dalam tubuh berkurang.

Hormon endorfin merupakan hormon pemicu rasa senang dan ia juga mampu memperlambat fungsi otak.

Parahnya lagi, bila anda duduk terlalu lama maka anda akan kesulitan konsentrasi serta daya fokusmu akan menurun.

6. Sistem Pencernaan

Ada di posisi duduk dalam waktu lama mampu menyebabkan sistem pencernaan anda terganggu seperti mulas, kembung ataupun sembeli.

Jadi jangan sepelehkan akibat terlalu lama duduk di kursi ataupun bahaya duduk terlalu lama diatas, ingat batasi tubuh anda berada di posisi yang sama dalam satu hari, buatlah otot dan syaraf anda bergerak dan buatlah pola hidup anda menjadi sehat.

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.