Apa Itu BPJS & Cara Daftar BPJS Secara Online

Category : Finansial
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Apa itu BPJS & cara daftar BPJS online ? ini salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Memang, sudah hampir satu tahun sistem Jaminan Sosial terbaru atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) telah resmi diberlakukan. Namun, masih saja banyak warga yang masih belum mengetahui apa BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan dan JKN.

JKN adalah program pelayanan kesehatan dari pemerintah yang sistemnya asuransi, artinya seluruh warga Indonesia harus menyisihkan sebagian kecil uangnya demi jaminan kesehatan untuk masa depan. Sedangkan, BPJS adalah perusahaan asuransi yang kita ketahui sebagai PT Askes. Jadi, JKN adalah nama programnya sedangkan BPJS adalah badan penyelenggara yang kinerjanya diawasai oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional).

Sejak berlakunya sistem ini banyak sekali masyarakat yang berbondong-bondong melakukan pendaftaran di kantor PBJS. Namun, cara daftar BPJS melalui kantor ini sangat tidak efesien apalagi waktu awal-awal launchingnya. Buktinya setiap masyarakat yang melakukan pendaftaran selalu dikenakan masalah antrian panjang yang dapat menyita banyak waktu serta tenaga. Itulah yang menjadi alasan banyak orang yang masih belum mendaftar anggota BPJS ini. Jadi, bagaimana solusinya?

Solusinya gampang adalah dengan menggunakan bantuan fasilitas internet. Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini maka sudah saatnya kita harus memanfaatkannya. Dengan cara daftar BPJS secara online ini pastinya akan mengehemat waktu dan tenaga anda. Jadi, pekerjaan anda yang lainnya tidak lagi terbengkalai. Namun, cara daftar ini akan selalu berubah dalam setiap waktu dan yang pasti cara daftar terbaru beda sama cara daftar yang lama.

Apa Itu BPJS & Cara Daftar BPJS Online

Apa Itu BPJS dan Bagaimana Cara Daftar Online BPJS ?

Semakin kesini, sudah tergambar bukan apa itu BPJS & cara daftar BPJS online ? garis besarnya, BPJS adalah badan penyelenggaranya sedangkan cara mendaftarnya ada dua jalur. Jalur tersebut adalah jalur dengan konvensional yaitu langsung mendaftar di kantornya dan jalur online dengan bantuan media internet. Namun, yang lebih praktis adalah dengan menggunakan media online karena cara ini lebih efesien dan mempermudah kinerja anda. jadi, pekerjaan yang lainnya tidak terbengkalai dan anda tidak perlu repot-repot berdesakan.

Cara daftar terbaru yang tahun 2015 ada sedikit perbedaan dengan cara daftar BPJS kesehatan online pada waktu dulu. Di tahun 2015 sistem telah diperbarui sejak pada tanggal 2 Januari 2015. Apalagi, mengingat jadwal atau deadline warga yang harus mendaftar BPJS sudah semakin dekat dan harus segera dilakukan. Oleh karena itu, BPJS semakin dengan tegas menyatakan kepada masyarakat harus segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKS BPJS pada tahun ini juga.

Hal yang paling penting juga, terutama untuk pekerja bukan penerima upah (selain karyawan). Apabila dilihat dari sistem pendaftarannya yang terlihat sedikit ribet memang, namun sebenarnya ini tidak terlalu ribet namun lebih ke arah memaksa satu keluarga untuk mendaftar. Info ini juga baru kami ketahui setelah kami mendapatkan email dari seorang yang selama ini telah membantu menjawab semua pertanyaan dari pembaca blog mengenai sistem pendaftaran BPJS secara online.

Baiklah, agar dapat membantu dan mempermudah anda. kali ini kami akan memberikan langkah-langkah mendafatar jaminan kesehatan ini secara online terbaru di tahun 2015. Tentu saja, cara ini akan menghemat waktu dan lebih mudah.

Cara Daftar BPJS Secara Online

Sebenarnya setelah yang kami jelaskan di atas, cara daftarnya ini dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan konvensional (offline) dan online. Apabila secara offline berarti anda harus mendaftar dengan langsung pergi ke kantor BPJS terdekat yang ada di kota anda. Sudah pasti, anda harus menerima resiko untuk mengantri dan berdesak-desakan dengan para pendaftar yang lain. sedangkan, untuk cara kedua adalah dengan melalui online ya itu mengunjungi situs resminya. Tergantung anda ingin lebih memilih yang mana, namun kami lebih menyarankan untuk mengikuti cara online. Karena dengan cara online anda tidak perlu ribet-ribet ngantri apalagi jika anda tidak punya banyak waktu. Jadi, cara ini akan sedikit lebih efesien dan membantu anda.

Langsung saja ya, ini dia syarat-syarat  dan cara-cara yang harus anda lakukan dalam melakukan pendaftaran situs online BPJS kesehatan.

Syarat-syarat :

  • KK (kartu keluarga)
  • KTP (Kartu tanda penduduk) pastikan yang masih berlaku
  • Kartu NPWP
  • Alamat Email dan No HP anda
  • Nomor rekening penanggung yang dapat digunakan dalam transaksi pembayaran iuran

Cara mendaftarnya :

Apabila semua persyaratan di atas telah anda siapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya anda dapat memulai daftar BPJS dengan bantuan sarana online. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam pendaftaran secara online :

  • Persiapkanlah semua berkas yang dibutuhkan dalam mendaftar ini dan juga siapkan alat bantu internet anda seperti laptop atau tablet atau smartphone dan ditambah dengan koneksi internet.
  • Buka atau kunjungi situs resminya di http://bpjs-kesehatan.go.id
  • Lalu akan anda temukan menu pendaftaran Online e-Registration yang tersedia di pojok kiri atas lalu klik.
  • Setelah itu nantinya anda akan dihapakan dengan halaman yang akan menjelaskan persyaratan yang harus anda siapkan apabila semua sudah lengkap maka langkah selanjutnya adalah dengan klik tombol ”Pendaftaran”.
  • Kemudian akan muncul sebuah form pendaftaran yang harus anda isi dengan data diri anda yang yang lengkap dan sesuai dengan KTP ataupun data-data yang lainnya. Adapun beberapa form yang harus anda isikan adalah seperti alamat, tempat tanggal lahir anda, nomor handphone, alamat email dan juga kantor cabang BPJS terdekat yang ada di kota anda. karena disinilah nanti anda akan mengambil kartu BPJS saat telah jadi nantinya.

Apabila semua telah selesai anda dapat memilih kelas yang dapat anda sesuaikan dengan keinginan anda. Setiap kelas ini akan berbeda-beda tergantung dari ruangan yang akan didapat dan iuran perbulan yang harus dibayarkan. Dalam memilih kelas ini ada beberapa catatan yang harus anda perhatikan dan harus anda ketahui terutama untuk anda yang Non_PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan). Adapun kelas-kelas yang dapat anda pilih :

  • Kelas 1 per orang = Rp 59.500 per bulan
  • Kelas 2 per orang = Rp 42. 500 per bulan
  • Kelas 3 per orang = Rp. 25. 500 per bulan

Anda dapat memilih salah satu kelas yang anda sukai dan minati semua cara pendafatarannya sama yaitu anda harus membayar iurannya melalui rekening yang telah ditentukan. Namun, kami juga akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan agar anda tidak mengalami kebingungan. Adapun beberapa tipsnya adalah :

  • Ada baiknya anda melakukan pendaftaran di awal bulan karena apabila anda mendaftar di akhir bulan maka ketika awal bulan anda sudah harus membayar iuran.
  • Dalam melakukan pembayaran iuran paling lambat pada tanggal 10 untuk setiap bulannya, apabila anda terlambat maka anda dikenakan denda sebesar 2 persen.
  • Tidak ada yang berbeda pada pelayanan medis untuk kelas 1,2 dan 3. Semua jenis obat, kualitas obat, serta penanganan medis semunya sama rata.
  • Kalaupun ada perbedaan hanya terdapat pada jenis pelayanan non medis, seperti kelas untuk ruang inap. Kelas 1 biasanya akan dirawat di ruang inap kelas 1, kelas 2 di ruang inap kelas 2, kelas 3 di ruang inap kelas 3.
  • Apabila anda ingin mengganti kelas rawat inap maka ada biaya tambahan. Misalnya, si A mendaftar di kelas 1 dengan biaya tagihan sebesar 7 juta rupiah dan ingin sekali pindah naik ke kelas VIP dengan biaya tagihan sebesar 10 juta. Maka untuk penghitungan biaya pembayarannya dapat sebagai berikut: harga kelas 1 yaitu 10 juta dikurangi dengan tarif INA-CBGs Rp 5 juta, namun ini bukan harga VIP dikurangi harga kelas 1.

Nah itulah informasi seputar apa itu BPJS & cara daftar BPJS online beserta syarat-syarat yang harus anda siapkan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda semua dan semoga ini dapat bermanfaat ya.. Terima kasih.

loading...