Awas !! Ini Bahayanya Olahraga Saat Lapar / Perut Kosong

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Awas !! Ini Bahayanya Olahraga Saat Lapar / Perut Kosong
5 (100%) 3 votes

Mana anggapan yang benar, makan sebelum berolahraga atau sebaliknya? Tapi semua itu tergantung kepada kebiasaan kita masing-masing. Namun akan ada yang mengalami kram jika makan sebelum berolahraga, makanya ada yang melakukan makan setelah berolahraga. Kalau bicara tentang kesehatan, manakah yang terbaik? 

Awas !! Ini Bahayanya Olahraga Saat Lapar / Perut Kosong

Awas !! Ini Bahayanya Olahraga Saat Lapar / Perut Kosong

Pada prinsipnya olahraga bertujuan untuk membakar kalori didalam tubuh, sementara itu kita membutuhkan energi untuk melakukan olahraga dengan maksimal. Jadi apabila kita olahraga dengan kondisi perut kosong tubuh akan kekurangan energi yang membuat pembakaran kalori pun tidak maksimal. jarak waktu makan dan olahraga juga harus dipertimbangkan karena tubuh juga butuh waktu untuk mencerna makanan dan memprosesnya untuk menjadi energi.

Oleh karena itu, disarankan mengkonsumsi yang rendah lemak (riset: di The Colorado State University Extension) serta kalori sekitar 3 hingga 4 jam sebelum berolahraga seperti roti gandum dengan telur atau sereal dengan susu. Namun bila tidak terbiasa dengan mengkonsumsi makanan berat untuk olahraga di pagi hari, kita dapat mengkonsumsi buah dengan yogurt yang rendah lemak, jus buah atau sereal 1 hingga 2 jam sebelum melakukan olahraga. Jangan lupa juga untuk meminum air putih sebelum berolahraga karena keringat yang keluar pada saat berolahraga dapat memicu dehidrasi yang bisa mengakibatkan kram, sakit kepala serta kelelahan. Setelah kita berolahraga, usahakan makan pada rentang 15 hingga 30 menit setelahnya.

Sebenarnya ada cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menekan nafsu makan sebelum dan sesudah kita berolahraga yakni dengan minum air putih. Selain itu kita juga bisa makan buah-buah seperti pisang, apel ataupun buah pear.

Jadi, tetap berolahraga dan semoga bermanfaat ya. 

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.