Benua Antartika Berubah Menjadi Hijau, Pertanda Musibah ?

Category : Artikel Viral, Berita Hot

Benua Antartika atau yang seringkali disebut KUtub Selatan merupakan benua terluas kelima yang ada di muka Bumi kita. Tentu kita tahu kalau 98% benua ini dipenuhi oleh es. Tapi sekarang, Benua Antartika perlahan-lahan berubah menjadi hijau.

Kenapa bisa begitu ? Para peneliti sudah menemukan beberapa makhluk hidup yang terus tumbuh di semenanjung utara Antartika, salah satunya lumut. Tumbuhan ini terus menyebar hingga menutupi daratan Antartika.

Image by : Kompas.com

Menurut para peneliti, fenomena ini disebabkan oleh perubahan iklim yang terjadi pada benua Antartika. Bahkan, ditengah isu pemanasan global, sudah ada 2 spesies lumut yang tumbuh cepat hanya dalam waktu 50 tahun terakhir.

“Orang-orang berfikir kalau ANtartika merupakan tempat yang dipenuhi oleh es, namun temuan kita memperlihatkan kalau bagian itu sudah menjadi hijau dan semakin hijau,” ujar Mathew Amesbury selaku peneliti asal Universitas Exeter, Inggris.

Walaupun lumut yang tumbuh tidak melebihi 1% dari wilayah Antartika, tapi lumut tersebut sudah mulai tumbuh diberbagai daratan di Antartika yang tidak lain disebabkan oleh pencairan es di musim panas.

“Mungkin suatu saat nanti, semenanjung ANtartika akan menjadi hutan kembali seperti iklim rumah kaca di periode Cretaceous dan periode Eocene saat benua bebas dari es,” jelas Rob DeConto selaku Glasiolog di Universitas Massachusetts.

Walaupun begitu, tumbuhnya lumut di Antartika masih dikatakan cukup lambat bila dibandingkan dengan Kutub Utara. Para peneliti berharap ini bisa menjadi pengimbang hilangnya karbon yang terjadi akibat pemanasan global. Lantas apakah ini termasuk golongan musibah ?