7 Tips Cara Berbuka Puasa Yang Baik, Benar & Sehat

Category : Islami, Kesehatan
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Di hari pertama bulan ramadhan ini saya ingin berbagi sedikit informasi berharga yang seringkali kita lupakan ketika ingin berbuka, ya cara berbuka puasa yang baik dan benar ini sangat dianjurkan baik oleh pakar kesehatan ataupun anjuran para nabi kita. Puasa dibulan ramadhan sendiri merupakan salah satu kewajiban bagi seorang muslim dengan cara menahan lapar, haus beserta hawa nafsu dari waktu imsak hingga maghrib tiba.

Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, merupakan hal penting menjaga pola makan apalagi disaat berbuka puasa. Untuk sebagian orang yang berpuasa dimana ia tak makan / minum seharian dan saat datangnya maghrib mereka langsung melahap semua jenis makanan karena laparnya yang tak tertahankan lagi. Tapi mereka tak paham bahwa dengan mereka melakukan hal tersebut mampu merusak kesehatan sebab selama berpuasa sistem pencernaan di dalam tubuh manusia cenderung akan mengurangi enzim yang berguna bagi metabolisme dan ini sangat berpengaruh terhadap semua lapisan lendir yang ada di dalam tubuh.

baca juga : 1001 Tips Cara Diet Yg Baik, Benar Dan Sehat

Akibatnya saat mereka mengkonsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka akan menimbulkan banyak masalah seperti kembung, sakit perut ataupun diare. Berikut kami telah merangkum berbagai jenis tips cara berbuka puasa yang baik, benar dan sehat agar saat anda menjalankan ibadah puasa tidak terganggu dan tetap sehat hingga datangnya hari raya.

Tips Cara Berbuka Puasa Yang Baik, Benar & Sehat

Tips Berbuka Puasa Yang Baik Dan Sehat

  1. Seperti yang kita ketahui bahwa puasa memiliki waktu yang telah di tentukan, lantas dengan begitu anda pun tentu mampu menyesuaikan banyaknya makanan yang harus dikonsumsi. Konsumsilah makanan sesuai dengan porsi anda jangan mengikuti hawa nafsu.
  2. Saat berbuka, cobalah untuk memakan makanan / minuman yang lembut & manis. Sebab ketika berpuasa tubuh manuasia akan kehilangan banyak energi & nutrisi yang menyebabkan tubuh lemah. Nah makanan / minuman yang terdapat kandungan gua akan memberi anda asupan nutrisi sehingga tubuh kembali fit.
  3. Saat berbuka perbanyak konsumsi cairan, saat pertama kali berbuka cobalah biasakan untuk mengkonsumsi cairan yang sehat seperti jus sayur / jus buah segar serta hindari pula cairan yang terlalu dingin. Dengan anda mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin akan mengakibatkan perut cepat sekali merasakan kenyang dan akan menghilangkan nafsu makan anda.
  4. Jika anda sudah mengkonsumi cairan selanjutnya dianjurkan anda untuk mengkonsumsi buah buahan atau yogurt yang mengandung probiotik agar usus & sistem pencernaan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.
  5. Jangan konsumsi makanan padat sebelum mengkonsumsi makanan berat seperti daging / susu.
  6. Makanlah secukupnya dan jangan terlalu kenyang, bila dirasa masih ingin makan cobalah konsumsi cemilan, ini akan menghilangkan rasa tersebut.
  7. cara berbuka puasa yang baik, benar dan sehat yang terakhir adalah berbuka puasalah dengan tenang, kunyah makanan secara pelan, minumlah dengan pelan, dengan anda melakukan cara ini maka sistem pencernaan akan dengan mudah beradaptasi pada makanan / minuman yang anda konsumsi.

Baca juga : 7 Tips Memakai Hijab Pashmina Cantik Dengan Headband Bulan Ramadhan

Itulah tadi tips serta cara berbuka puasa yang baik, benar dan sehat yang bisa anda terapkan mulai hari ini, semoga ibadah puasa kita bisa diterima oleh allah SWT dan kita dikuatkan hingga datangnya hari raya idul fitri nanti, saya mewakili segenap tim caraku.net mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1436 H, terimakasih.

loading...