Ketentuan Cara Membeli Rumah KPR

Category : Properti
Ketentuan Cara Membeli Rumah KPR
4.67 (93.33%) 3 votes

Anda dapat memilih cara KPR atau kredit kepemilikan rumah untuk memiliki rumah yang menjadi impian anda dengan dananya yang terjangkau serta dengan waktunya yang cukup cepat. Namun jangan sampai kurang perhitungan karena dapat menyebabkan beban anda di kemudian harinya. Kali ini saya akan membahas mengenai cara membeli rumah ddengan pertimbangan dengan memilih lokasi, menentukan harganya, serta bagaimana supaya keinginan anda disetujui oleh pihak bank sebagai penyedia KPR.

Alasan KPR sebagai Solusi Membeli Rumah Idaman

Ada banyak sekali alasan anda memilih cara membeli rumah melalui KPR. Diantaranya.

– Mudah dan Murah
Memilih KPR sebagai cara untuk memiliki rumah bisa dianggap pilihan yang cukup tepat jika memang kurang mampu untuk membeli rumah. KPR untuk membeli rumah saat ini angsurannya berkisar Rp 300.000,- per bulannya. Sampai anda mencapai 8 tahun, rumah tersebut bisa menjadi milik anda sendiri. Anggap saja anda sedang membayar kos atau kontrakan yang pebulannya berjumlah demikian. Sedangkan seperti kita ketahui bahwa untuk menyewa kos atau rumah perbulannya lebih dari itu dan biayanya terus naik dari tahun ke tahun tanpa bisa anda miliki.

– Ambil Manfaatnya
Jika anda sudah punya cukup uang untuk membeli sebuah rumah yang berfasilitas cukup lengkap, namun anda lebih memilih cara membeli rumah dengan KPR. Itu sudah menjadi keputusan yang tepat. karena anda dapat menggunakan uang anda sebagai modal untuk usaha. Selain penghasilan anda terus didapat, anda juga akan memberikan pekerjaan bagi sebagian orang. Sisanya, uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membayar KPR.

Cara Membeli Rumah KPR
Banyak sekali sesuatu yang perlu anda pertimbangkan untuk memilih lokasi dari rumah KPR, diantaranya:
– Usahakan lokasi rumahnya dekat dengan tempat anda bekerja atau dekat dengan tempat usaha anda
– Pilihlah rumah yang lokasinya memiliki akses jalannya yang bagus, baik itu ke tempat kerja ataupun fasilitas lain. Pastikan juga lokasinya di sekitar pemandangan alam yang bisa menyegarkan pikiran.
– Dekat dengan beberapa fasilitas publik.
– Pilihlah rumah yang arah hadapnya bisa mendapatkan sinar matahari yang tepat. baik itu di sore, ataupun di siang hari.
– Terakhir, pilihlah lokasinya yang tentunya disetujui oleh anggota keluarga anda.

Memilih Model Rumah
Rata-rata model rumah KPR mempunyai konstruksi yang standart dan kualitas serta model desain yang bisa saja belum sesuai harapan anda. Jadi, fokuslah memilih tanahnya agar anda bisa melakukan renovasi di kemudian hari.

Persetujuan Bank

Cara perhitungan:

  • Angsuran yang disetujui bank ialah maksimal 30 persen dari gaji anda dalam sebulan karena angsuran akan dianggap memberatkan anda jika lebih dari itu.
  • Jika gaji anda saat ini di bawah jumlah Rp 25.000.000 perbulannya anda sudah masuk nominasi penerima subsidi dari pemerintah. Dan syaratnya bahwa rumah yang akan dibeli merupakan rumah pertama anda. Dan anda juga akan mendapatkan nilai angsuran yang jauh lebih kecil dan bahkan bisa mencapai setengahnya saja.

Jumlah dan Waktu Angsuran
Jumlah angsuran rumah anda ialah harga beli yang ditawarkan oleh pengembang yang dikurangi uang muka yang sudah dibayar. Bank akan menentukan lamanya dan jumlah angsurannya. Jika anda berniat mau menghitungnya bisa menggunakan fasilitas kalkulator KPR bank BTN dengan cara masuk ke situs http://btn.co.id/.

BANK Penyedia Layanan KPR
– BANK MANDIRI
– BANK BTN
– BANK BNI
– BANK BRI

Persiapan Dokumen

Diantaranya:
– Surat keterangan gaji bagi anda yang bekerja atau surat keterangan penghasilan jika anda seorang pengusaha
– Surat keterangan menerangkan bahwa anda belum emmiliki rumah sama sekali
– Fotokopi KK atau kartu keluarga
– Fotokopi KTP anda
– Fotokopi tabungan dari bank

Nah, sekian bahasan mengenai cara membeli rumah KPR dari blog ini, KPR adalah langkah paling tepat untuk kita yang ingin membeli rumah dimana seperti yang kita tahu sebagai karyawan dengan gaji pas pasan akan sangat sulit bila ingin membeli rumah dengan sistem kontan bukan ? anda harus pertimbangkan hal ini.

Jangan lupa untuk membaca : 7 Tips Dan Cara Mudah Design Rumah Agar Nyaman Di Tempati

loading...