Cara Membuat Donat Kentang Spesial Dijamin Lezat

Category : Resep Masakan
Cara Membuat Donat Kentang Spesial Dijamin Lezat
5 (100%) 1 vote

Cara Membuat Donat Kentang – halo hari ini caraku.net ingin posting lagi ni, membahas salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia yaitu donat, siapa sih yang tidak kenal dengan donat ? memang banyak sekali kreasi pada makanan yang satu ini namun kami kali ini akan membahas Cara Membuat Donat Kentang spesial dijamin maknyos.

Baca juga : Cara Membuat Resep Risoles Enak

Pada kue donat ada beraneka ragam proses untuk membuatnya yang sudah terkenal misalnya dounkin, jco, q-big, icrave, dan lain sebagainya yang telah terbukti disukai oleh banyak orang dan dengan harga sangat bervariasi. bukan cuma itu bahan untuk pembuatannya pun ada banyaksekali keragaman, nah pernah kah sobat memakan ataupun membuat donat yang terbuat dari bahan kentang ? jika belum pernah mungkin tips kali ini dapat bermanfaat dan menjadi uji coba buat sobat sekalian. tinggal anda ikuti langkah demi langkah petunjuk yang akan kami berikan dan dengan sedikit ketelatenan dijamin deh hasilnya pasti akan memuaskan.

Cara Membuat Donat Kentang Lezat

Bahan Untuk Membuat Donat Kentang Spesial

Setelah kita sedikit mengenal macam macam donat yang telah terkenal di berbagai daerah, maka selanjutnya kita bahas resep cara membuat donat kentang ini, berikut bahan yang harus anda sediakan terlebih dahulu :

  • 1/2 kg tepung terigu, terserah mau merk apa saja namun kami sarankan gunakanlah terigu yang punya protein tinggi misalnya saja Cakra Kembar.
  • 50 gr susu bubuk, ini juga terserah mau merk apa.
  • 11 gr ragi instant
  • 200 gr kentang yang telah di kukus dan dihaluskan menggunakan blender.
  • 100 gr gula pasir.
  • 4 butir telur (ambil kuning nya saja).
  • 100 ml air mineral.
  • 75 gr mentega.
  • garam halus 1/2 sendok teh.
  • Cokelat / gula manis (untuk taburan di atas donat nantinya)

Langkah – Langkah Cara Membuat Donat Kentang

  1. Langkah pertama ambillah wadah untuk mencampurkan terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant yang telah di siapkan tadi, lalu aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya campurkan kentang yang telah dihaluskan, air, dan kuning telur dan aduk kembali.
  3. Jika sudah tambahkan garam dan mentega, aduk lah kembali adonan tersebut hingga berbentuk elastis.
  4. Jika adonan telah berubah dan berbentuk elastis, diamkan terlebih dahulu hingga 15 – 20 menit.
  5. Berikutnya tinggal di bagi bagi adonan tadi masing masing 50 gr dan bentuk menjadi bulat, jika semua telah di bentuk diamkan lagi hingga 20 menit, ini akan sedikit memakan waktu yang cukup lama memang karena yang akan kita buat adalah hasil yang maksimal.
  6. Jika telah mencapai lebih kurang 20 menit, tinggal lobangi bagian tengah nya, ciri khas donat kan bundar dan ada lobang di tengahnya, tapi jika anda ingin membentuk nya jadi kotak juga gak masalah, 😀
  7. Langkah selanjutnya goreng lah adonan yang telah di bulati tadi sampai matang, biasanya kalo sudah matang warnanya akan berubah menjadi kuning ke emasan.
  8. Terakhir angkat lalu tiriskan donat yang sudah di goreng tadi, dan di bagian atasnya bisa anda hiasi sesuka anda, bisa menggunakan gula manis, cokelat, dll sesuai selera.
  9. Donat Kentang Empuk Lezat siap disantap.

Bila dirasa tutorial di atas masih menyulitkan sobat sekalian, kami akan sertakan juga video nya yang bisa sobat tonton agar lebih jelas lagi, berikut video nya :

Catatan : bila ingin donat memiliki tekstur yang lembut, diwajibkan menggunakan blender untuk menghaluskan adonan tadi, perlu anda ketahui semakin lembut tekstur yang dibuat maka semakin bagus pula donat yang dihasilkan.

Semoga artikel cara membuat donat kentang ini bermanfaat untuk sobat sekalian, jangan lupa berikan komentar ya dan nantikan artikel kami selanjutnya, terimakasih.

Baca juga : Resep dan cara membuat donat ala JCO 100% Mantab