6 Cara Menabung Yang Baik Untuk Masa Depan

Category : Finansial
6 Cara Menabung Yang Baik Untuk Masa Depan
3.83 (76.67%) 18 votes

Cara Menabung yang baik – Menabung adalah langkah mudah untuk memperoleh keamanan finansial seluruh keluarga kita dimasa mendatang, oleh karena itu peran kita sebagai pemimpin keluarga sangatlah dibutuhkan. Mengajak semua anggota keluarga menabung sejak dini agar jika dalam keadaan darurat nantinya tidak terlalu di pusingkan akan hal finansial. Kali ini caraku.net akan membagikan 6 tips serta cara menabung yang baik untuk menyelamatkan keluarga anda di masa mendatang ketika dalam keadaan mendesak tentunya.

Cara Menabung Yang Baik

6 Cara Menabung Yang Baik Dan Benar

1. Bahaslah dengan serius tentang finansial anda dengan pasangan

Sangat penting bagi anda untuk membicarakan masalah keuangan dengan pasangan anda, dengan langkah ini diharapkan sesama pasangan dapat saling memahami satu sama lain dalam hal pengeluaran, bahkan bisa untuk saling menabung satu sejak dini antara anda dan juga pasangan anda tentunya. Uang memang selalu berdampak dalam hal emosional serta bisa memecah suatu keluarga, nah disini juga peran pentingnya karena jika anda benar mendiskusikan masalah keuangan ini pasti semua tidak akan terjadi, semua solusi dapat diselesaikan termasuk membagi pengeluaran misalnay saja siapa yang membayar tagihan dan siapa pula yang membuat pembukuan, agar terjadi saling keterbukaan antara anda dan juga pasangan.

2. Buatlah Anggaran Keuangan

Cara Menabung Yang Baik kedua ini ternyata sering ditolak oleh mereka yang menginginkan kebebasan saat berbelanja, namun hal yang perlu anda ketahui, salah satu cara mengendalikan pengeluaran kita yaitu buatlah sebuah anggaran keuangan. Anda dapat memulainya dari membagi kategori mana yang seharusnya dana anda dialokasikan misalnya membeli makanan, cicilan rumah, mobil, asuransi, hiburan, dan semua kategori lainnya yang dibutuhkan oleh keluarga anda. Lalu hitunglah berapa banyak uang yang diperlukan setiap bulan dan buatlah sebuah rincian agar alokasi dana yang anda siapkan pas. Jika hal ini anda terapkan maka akan menutup kemungkinan pengeluaran yang tidak seharusnya dilakukan.

3. Belajar Membedakan Mana Kebutuhan Dan Mana Keinginan

Terkadang kita lupa dengan hal ini, saat berbelanja tidak kita fikirkan mana yang merupakan kebutuhan kita dan mana yang merupakan keinginan kita sehingga terjadilah pembengkakan keuangan / finansial dimana yang kita belanjakan ternyata tidak berguna sama sekali dan hanya disimpan saja.

4. Buang Rasa Malu Anda

Ini juga sebenarnya adalah kebiasaan, ada kalanya kita malu terhadap teman, partner, atau semacamnya saat terjadi pengeluaran yang tidak seharusnya dikeluarkan. Misalnya saja teman banyak membeli pakaian dan anda pun iri atau malu lalu anda pun ikut terlena berbelanja. Anda dapat memulainya dalam hal kecil saja misalnya lupakan untuk makan siang di luar saat anda ngantor, cobalah untuk membawa bekal dari rumah. Mungkin diawal akan risih namun bila sudah jadi kebiasaan maka akan biasa saja.

5. Dahulukan Menabung

Diakhir bulan saat anda menerima sejumlah uang gaji, hitung dahulu berapa biaya pengeluaran anda 1 bulan kedepan hingga uang gaji selanjutnya cair. Bila sudah, sisanya jadikanlah tabungan dan jangan ganggu gugat lagi. Lalu lakukan lah tingkatan secara bertahap, stop berpoya poya.

6. Mulailah Sesegera Mungkin

Semakin cepat anda menabung, maka semakin mudah anda mencapai gol finansial. Sebagai contoh saja bila umur anda masih muda dan memiliki banyak tabungan ini akan menjadi satu hal positif dalam hidup anda tentunya.

Mungkin 6 Cara Menabung Yang Baik Untuk Masa Depan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, hal yang paling penting menurut saya fikirkan masa depan anda bagaimana nantinya. Semoga membantu terimakasih.

Baca juga : Cara Aman Belanja Online Di OLX / Berniaga

loading...