Cara Mendidik Anak Agar Tidak Pemalu

Category : Kesehatan

Cara Mendidik Anak Agar Tidak Pemalu – Tahukah anda keterbiasaan kita membatasi seorang anak untuk mengungkapkan suatu pendapat dalam keluarga dapat mempengaruhi penampilannya ? baik performanya di sekolah maupun kehidupan sosial atau bahkan hingga saat dia bekerja nantinya.

“Hingga saat ini salah satu hambatan orang indonesia untuk tampil di hadapan publik melainkan karena tidak berani dan tidak terbiasa untuk mengemukakan sebuah pendapat, hal ini biasanya adalah dampak dari kebiasaan dilingkungan keluarga” ujar fasilitator souls of speaking F.Salika Pratama selasa 18 november 2014 saat berkunjung ke redaksi liputan6.

Keluarga yang ada di indonesia hingga kini pun masih menekankan garis vertikal antara hubungan orangtua dan anak dimana suatu kewajiban anak harus ikut apa kata orang tua & orang tua harus mengontrol anaknya tanpa dimintai pendapat sedikitpun. “saat ia berada di ruang linggkup kehidupan dewasa, akan terjadi kecenderungan diam, akan bermain aman saat ditanyai sesuatu” tambah salika kembali.

099258400_1416303005-pendapat

“Hal yang paling penting yaitu orang tua harus memanusiakan seorang anak, anak kan juga manusia, yang membedakannya cuma peranannya saja” tambah fasilitator lain yang hadir saat itu yaitu luki arinta salasabila Psi, Msi.

Oleh sebab itu luki pun menyarankan kepada semua orang tua agar memberikan kesempatan anak untuk berbicara ataupun berpendapat, dalam hal kecil saja misalnya saat nilai ulangan anak jelek, coba tanyakan apa sebabnya dan bukan malah mengontrol sambil marah marah, harus begini, harus begitu. Perlu diketahui setiap anak punya cara tersendiri saat memahami suatu pelajaran jelas luki.

Tentunya kondisi seperti ini sangat jauh berbeda dengan kondisi di negara negara barat sana dimana sejak dini anak anak sudah dibiasakan mengungkapkan pendapatnya “jadi di sana (negara barat), berbicara di khalayak umum dan mengungkapkan pendapatnya bukan lagi sebuah masalah besar seperti di indonesia” terang luki.

Jadi inti dari cara mendidik anak agar tidak pemalu yaitu buatlah anak berpendapat, tanyakan apa yang ia inginkan, biarkanlah dia mengungkapkan. Hal ini harus dibiasakan dari dia kecil agar nantinya bisa dia bawa hingga dewasa dan peran orang tua sangatlah penting untuk si kecil.