10 Cara Menentukan Rumah Idaman

Category : Properti

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

10 Cara Menentukan Rumah Idaman
4 (80%) 1 vote

Untuk mendapatkan sebuah rumah idaman diperlukan kerja keras anda. Ya, bagaimana tidak ? Anda akan membutuhkan tenaga untuk mencari dan uang untuk membeli. Nah, saat ini saya akan membahas mengenai cara menentukan rumah idaman anda.

10 Kiat Cara Menentukan Rumah Idaman

1. Survey ke Lapangan
Langkah pertama cara menentukan rumah idaman ialah lakukanlah survey mendetail dari perumahan yang akan anda beli. Bisa anda lakukan langsung ke lapangan ataupun melalui internet. Namun akan lebih sempurna jika langsung ke lapangan. Buatlah scoring, komparasi, serta analisa yang berdasarkan pada spesifikasi dan parameter rumah yang akan dibeli.

2. Pemilihan Cluster
– Untuk pasangan muda dengan anak masih kecil lebih cocok jika di dalam cluster yang lebih aman karena ada satpam yang menjaga.
– Dekat dengan taman
– Arah rumah. Penyesuaian arah matahari sangat penting. Anda harus menyesuaikannya untuk mendapatkan sinar matahari di pagi dan sore hari.
– Perhatikan sisa tanah yang tersedia, ini dapat memudahkan merenovasi rumah suatu saat nanti.

3. Mencari Info
Datangi pihak marketing untuk mendapatkan informasi mendetail. Selain itu juga carilah informasi dari satpam dan tetangga jika dibutuhkan.

4. Status Rumah
Rumah siap huni yang biasanya anda dapat langsung melihat rumahnya. Namun jika rumah indent anda hanya bisa memilih dan melihat lokasi dari gambar. Anda harus menunggu selama 8 hingga 24 bulan dari transaksi untuk proses membangun rumah.

5. Harga Rumah
Ceklah, harga sudah termasuk biaya apa saja.
– biaya AJB atau akta jual beli
– biaya PPN 10 %
– biaya SHGB atau disebut sertifikat hak guna bangunan
– biaya BPHTB atau bea perolehan hak atas tanah bangunan
– biaya KPR

6. Pembayaran KPR
Perhatikan dan telitilah terhadap tahapan pembayarannya, mulai dari uang sebagai tanda jadi hingga akad kredit

7. Jika Rumah Siap Huni
Anda memerlukan waktu biasanya selama 1 hingga 2 bulan dari waktu akad kredit, hingga rumahnya bisa anda tempati atau termasuk proses serah terima rumah. Proses selama 1 sampai 2 bulan tersebut biasanya digunakan untuk pengecetan ulang rumah, pembersihan rumah, pendaftaran PDAM, pendaftaran PLN, pendaftaran line telepon, dan sebagainya.

8. Garansi
Biasanya waktu garansi yang anda dapatkan mulai 3 sampai 6 bulan. Pada waktu tersebut yang merupakan waktu garansi rumah dan terkadang juga disebutnya “masa pemeliharaan”, anda dapat memanfaatkannya untuk komplen atau meminta perbaikan beberapa bagian secara gratis. Misalnya perbaikan dinding yang retak, perbaikan atap yang bocor, dan perbaikan-perbaikan lainnya.

9. Peraturan PPJBTB
Jika dalam waktu selama 3 hingga 6 bulan anda melakukan perbaikan atau renovasi sendiri dengan signifikan, anda akan menghilangkan atau menghanguskan masa garansi atau masa pemeliharaan tersebut.

10. Interior Rumah
Cara menentukan rumah idaman yang terakhir ialah menambahkan interior pada rumah anda. Sangat perlu untuk anda yang akan pindah rumah agar menambah interior rumah yang biasanya belum ada sebelum anda menempatinya. Misalnya saja teralis untuk pintu serta pada jendela, memasang bak penampung air, serta toren sebagai backup jika air PDAM dan sumur yang tersedia tidak lancar atau mati. Hal ini akan lebih repot dilakukan jika anda dan keluarga sudah pindah ke rumah tersebut.

Nah, itulah 10 kiat cara menentukan rumah idaman, semoga bermanfaat.

Baca juga : Tips Memilih Model Dan Design Rumah Kayu Minimalis

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.