5 Cara Mengatasi / Mengobati Hidung Tersumbat Saat Tidur

Category : Kesehatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat – Kadang kala kita merasa susah bernafas yang dikarenakan tersumbatnya rongga hidung, bahkan anehnya lagi kita merasakan hal tersebut saat kita tidak mengalami pilek ataupun flu. Mungkin anda sudah sangat terganggu akan kondisi ini pasalnya saat hidung tersumbat kita akan kesulitan melakukan aktivitas sehari – hari serta akan membuat kita tidak nyaman saat ingin tidur.

Pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana tips cara mengobati hidung tersumbat baik itu tersumbat sebelah ataupun keduanya dengan cepat. Penasaran bagaimana cara mengobati nya ? yuk disimak tips berikut ini.

5 Cara Mengatasi / Mengobati Hidung Tersumbat Saat Tidur

5 Cara Mengatasi / Mengobati Hidung Tersumbat Saat Tidur

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah

1. Pertimbangkan saat akan membuang ingus

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Virginia mengungkapkan bahwa menghembuskan ingus dengan cara meniup kan kedua hidung justru memperparah keadaan. Sebabnya saat anda menghembuskan ingus tersebut, maka lendir yang ada akan terlontar kembali kedalma sinus. Walaupun ini akan memberikan kenyamanan akan tetapi membuang ingus dengan cara tersebut tidak dianjurkan.

Ilmuan justru menyarankan agar penderita menipukan satu lubang hidung dalam satu waktu dengan diberikan dekongestan sesuai dosis yang telah ditentukan dokter.

2. Racik Obat Sendiri

Walaupun penyakit ini terbilang penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus di obati, bila tidak diatasi akan memberikan efek jera pada penderita, seperti sulit tidur dan beraktifitas.

Jadi mau tidak mau kita harus mengatasinya dengan segera menggunakan obat-obatan baik menggunakan resep dokter ataupun tradisional. Namun, akan lebih baik bila anda meracik sendiri obatnya sehingga tidak mengandung bahan kimia dan tidak membahayakan bagi tubuh. Caranya mudah, cukup tambahkan satu sendok teh garam ke satu cangkir air hangat dan aduk hingga larut. Setelah itu teteskan air tersebut ke lubang hidung menggunakan pipet sambil memiringkan posisi kepala anda. Biarkan air tersebut berada didalam rongga hidung selama 10 detik lalu keluarkan. Lakukan hal yang sama kebagian lubang hidup satunya lagi.

3. Mandi Air Hangat

Ini juga termasuk langkah yang paling mudah untuk cara mengatasi hidung tersumbat dan bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, anda cukup mandi menggunakan air hangat sambil menghirup uap panas nya. Teknik ini akan membuat lendir yang mengering pada hidung mencair kembali sehingga hidung tersumbat anda bisa diatasi dengan segera.

4. Menggunakan Balsem / Minyak Angin

Seperti yang kita ketahui, balsem / minyak angin dapat mengeluarkan angin yang masuk kedalam tubuh. Selain itu, balsem juga bisa mengatasi hidung tersumbat. Caranya cukup oleskan minyak wangi / balsem ke bagian hidung sambil mengurutnya secara perlahan hingga hidung tersumbat anda reda.

5. Arahkan Kepala Agar Lebih Tinggi Dari Badan

Ini bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur, caranya adalah ganjal kepala anda menggunakan bantal hingga posisinya lebih tinggi dari badan anda. Ini akan membantu pernafasan anda sehingga lebih lega.

Baca juga : 1001 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Di Hidung

Itulah tadi 5 tips cara mengatasi hidung tersumbat atau cara mengobati hidung tersumbat saat tidur yang bisa anda lakukan dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar anda pada kolom dibawah ini ya, terimakasih.