1001 Cara Mengatasi Susah Tidur / Insomnia Secara Alami

Category : Kesehatan

Cara mengatasi susah tidur – Susah tidur merupakan gejala musiman yang bisa datang kapan saja kepada para penderitanya. Gejala yang lebih dikenal dengan sebutan Insomnia ini merupakan sebuah kelainan pada pola tidur dan terkadang para penderitanya malah kesulitan serta sama sekali tidak nyaman untuk tidur. Gejala ini biasanya di ikuti pula dengan ganggguan fungsional ketika bangun.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur

Penyebab Insomnia / Susah Tidur

Susah tidur seringkali disebabkan oleh suatu penyakit atau gangguan psikologis yang membuat fikiran penderitanya tidak bisa berkonsentrasi seperti gangguan emosional, kelainan fisik, dan lain sebagainya. Ada beberapa kasus pula orang yang sering mengkonsumsi obat sedaktif mengalami kecanduan yang menyebabkan ia tidak bisa tidur jika tidak menkonsumsi obat itu terlebih dahulu. Selain itu, dengan mengkonsumsi kafein juga menghilangkan rasa kantuk yang menyebabkan kesulitan untuk tidur.

Gejala Susah Tidur / Insomnia

Para penderita akan mengalami fase sulit untuk tidur dan sering terjaga dimalam hari namun di siang hari akan merasa sangat lelah. Menurut survey yang dilakukan oleh para ahli, para penderita insomnia seringkali merasakan cemas, khawatir, tegang serta terus mengingat masalah – masalah di masa lalunya. Bahkan di beberapa kasus ada yang terus memikirkan masa depannya. Jika anda merasakan hal tersebut berarti anda telah mengidap insomnia dan anda harus tahu cara mengatasi susah tidur tersebut.

Bahaya Insomnia / Susah Tidur

  • Susah tidur ini akan membuat penderitanya merasakan lemas tak bertenaga sepanjang hari. Jika hal ini tidak segera diatasi maka tentulah akan menganggu aktifitas kehidupan anda seperti pekerjaan, lingkungan sosial dan lain sebagainya. Selain itu, dengan mengalami tidur yang kurang maka akan membuat kerja otak menurun sehingga kreatifitas pun akan semakin terbatas.

  • Sebuah survey yang dilakukan oleh American Cancer Society dengan sample 1,1 juta warga Amerika menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam / hari akan mengalami tingkat kematian lebih cepat. Itu artinya, jika gejala insomnia ini tidak segera diatasi maka akan berakibat kematian bagi penderitanya.

Langkah Tepat Mengatasi Susah Tidur

  • Jauhkan berbagai hal yang bisa menganggu tidur anda seperti Handphone, Buku, Laptop, Jam dan lain sebagainya. Untuk tidur dibutuhkan konsentrasi penuh dengan mengosongkan semua fikiran, jadi bila anda terbayang hal hal yang bisa menganggu tidur anda maka Insomnia akan terus melanda diri anda. Baca juga : 12 Cara Menghindari Radiasi Handphone HP

  • Lupakan semua masalah anda, berfikirlah positif akan semua masalah tersebut. Tanamkan mindset pada diri anda bahwa masalah itu akan terselesaikan besok dengan sangat mudah ketika anda bangun.

  • Pastikan tempat tidur nyaman untuk anda, bersihkan kamar anda dan mandilah sebelum tidur merupakan langkah yang paling baik untuk dilakukan.

  • Jangan lakukan hal yang bisa membuat anda terbayang seperti menonton film horor, film tegang, film drama, dan lain sebagainya yang mengakibatkan fikiran anda berkecamuk.

  • Jika kamar anda terang, cobalah rubah suasana menjadi gelap. Beberapa orang akan lebih mudah tidur ketika posisi gelap.

Mungkin anda juga perlu membaca 4 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Bahan Alami / Makanan Untuk Penderita Insomnia

  • Mnium segelas air susu hangat ditambah madu sebelum tidur, ini akan membuat anda lebih nyaman dan segar.

  • Mengkonsumsi Gandum, Gandum memiliki banyak sekali kandungan protein yang mampu menghilangkan gejala insomnia. Para ahli meyakini bahwa Gandum mampu menyebabkan relaksasi dan mempercepat tidur anda.

  • Mengkonsumsi Pisang, Didalam pisang terdapat kandungan triptofan yang merupakan prekursor untuk serotonin. Selain itu, didalam pisang juga terkandung kalium, Magnesium dan Natrium yang berfungsi untuk penenang.

  • Kacang pikan mengandung piridoksin dan serotonin serta melatonin, yang mana lebih dikenal dengan sebutan “hormon tidur” dimana banyak digunakan pada obat tidur pada umumnya.

  • Daun Seledri, daun ini seringkali dijadikan lalapan makanan. Namun tahukah anda bahwa daun ini dapat membuat anda mengantuk karena zat penenang yang terkandung didalamnya yang siap memberikan isyarat kepada saraf anda untuk segera tidur ?

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Penderita Gejala Susah Tidur

Para penderita susah tidur / insomnia dilarang untuk mengkonsumsi obat – obatan seperti n@rkoba, obat penenang, obat tidur dan obat jenis lainnya karena akan berasifat candu. Dengan kata lain pola fikir anda akan menganggap bahwa anda tidak akan tidur jika tanpa mengkonsumsi obat – obatan tersebut. Selain itu, dengan tidak menggunakan obat maka akan membuat tubuh anda lebih sehat tanpa zat kimia tentunya.

Itulah tadi cara mengatasi susah tidur secara alami dan tradisional serta cara mengobati insomnia yang bisa saya rangkumkan untuk anda. Jika anda telah mengalaimnya cukup lama maka anda pasti akan terkena mata panda, baca juga 4 Tips Rahasia Cara Mengatasi Mata Panda Secara Alami. Saya harap tips kali ini bisa bermanfaat, terimakasih.