4 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Anak

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

4 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Anak
5 (100%) 6 votes

Kebiasaan buruk pada anak – Bukan cuma orang dewasa saja yang memiliki banyak keburukan, anak anak pun memilikinya. Namun perbedaannya terdapat pada kebiasaan yang dilakukan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan anak anak diantaranya malas dan nakal. Tentulah untuk merubah kebaisaan buruk tersebut bukan kendala yang mudah, sebab para anak memiliki sifat dasar alami yaitu bandel dan tidak bisa di ajarkan dengan cara yang keras. Untuk itu diperlukan teknik yang tepat bagi para orang tua untuk mampu mengubah kebiasaan buruk tersebut. Apabila anda salah satu orang tua yang sering gagal untuk menasehati anak cobalah berbagai tips dibawah ini yang kami kutip dari magforwomen.

4 Cara Mudah Menghilangkan Kebiasaan buruk Pada Anak

4 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada AnakTunjukkan sikap yang baik pada anak

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menunjukkan kepada mereka mana yang baik dan mana yang buruk. Banyak sekali orang tua salah dalam melakukan hal ini sebab karena mereka kesal dengan kelakuan anaknya maka hal tersebut ditunjukkan secara emosi dengan cara memarahi anaknya serta menghakimi mereka. Harus anda ketahui bahwa cara tersebut malah akan membuat anak melakukan pemberontakan dan menghiraukau semua jenis nasehat anda. Jadi mulai sekarang cobalah melakukannya dengan cara yang sedikit lembut, ajarkan mereka kebiasaan yang baik dengan terlebih dahulu anda yang melakukannya sehingga hal tersebut akan dicontoh oleh si buah hati.

Baca juga : 5 Tips Rahasia Cara Mendidik Anak Yang Baik & Benar

Buatlah anak anda sedikit berfikir

Selanjutnya adalah dengan membuat anak berfikir, caranya yaitu berikan berbagai alasan mengapa kebiasaan tersebut termasuk ke dalam kategori yang buruk. Buat sebuah pengandaian sehingga akan tertanam mindset didalam fikiran anak bahwa memang benar kebiasaan tersebut akan menyusahkannya dikemudian hari nanti. Cara ini termasuk cara yang sangat baik karena selain anda bisa merubah kebiasaan buruk anak anda, cara ini juga mampu melatih logika anak anda agar mampu berfikir sebab akibat dari apa yang ia lakukan.

Beri alasan yang rasional

Berikan juga alasan yang masuk akal ke mereka kenapa kebiasaan yang dilakukannya itu tidak baik. Jadi jangan hanya melarang namun utarakan alasan kenapa itu dilarang dan bahayanya apa.

Beri dukungan motivasi pada mereka

Anak memiliki pola fikir yang masih sangat polos, mereka akan sangat senang bila diberikan dukungan dalam artian motivasi. Jadi cobalah untuk menghargai jerih payah anak anda dan beri dukungan serta motivasi yang bisa membangun agar anak merasa senang untuk melakukan kebiasaan baiknya serta meninggalkan kebiasaan buruk mereka selamanya.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Agar Tidak Pemalu

Dengan anda menerapkan ke 4 cara menghilangkan kebiasaan buruk pada anak diatas setiap hari diharapkan mampu membuahkan hasil yang positif bagi anda. Ingatlah bahwa kebiasaan anak adalah cerminan orang tua dan bila kebiasaan tersebut negatif rubahlah sehingga saat ia besar nanti ia akan menjadi anak yang baik dan tidak memalukan anda sebagai orang tuanya. Cukup sekian artikel kami kali ini semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.