5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Kecil Dengan Mudah

Category : Kesehatan

Cara meningkatkan nafsu makan anak – Segala kesibukan sebagai seorang ibu dan istri, pasti menjadikannmu kadang kerepotan. Entah itu dalam mempersiapkan makan anak, baju hingga merapikan mainan mereka. Dari segala kesibukan tersebut ada satu masalah yang sering dialami orang tua yakni rasa bingung ketika anak tidak mau makan. Yang namanya anak – anak, kalau sudah bermain mereka lupa segalanya termasuk makan. Andaikan mereka makan pasti cuma makanan ringan yang tidak menyehatkan.

Baca juga : 4 Tips Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Anak

Wah jangan sampai masalah tersebut berlarut- larut ya bunda, karena nantinya pencernaan anak akan terganggu dan bisa  – bisa terkena tipes. Berikut akan diulas sejumlah cara untuk membuat nafsu makan anak menjadi lebih meningkat.

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Kecil Dengan Mudah

5 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Kecil Dengan Mudah

Beberapa cara meningkatkan nafsu makan anak

  1. Buatlah jadwal makan yang rutin

Kamu harus memiliki jadwal yang mengatur pola makan anak. Para pakar gizi menjelaskan jika perut anak butuh disisi makanan 3 hingga 4 jam sekali. Adapun jenis makanannya bebas mulai dari bubur, snack, atau hingga nasi. Buatlah jadwal makan untuk anakmu kapan waktunya makan nasi, snack hingga minum ASI.  Dengan keteraturan ritme makan maka nafsu makan anak akan meningkat dengan sendirinya.

  1. Kreatifkan menu makanan

Anak – anak itu cepat bosan sehingga usahakan untuk membuat menu makanan yang selalu berbeda setiap harinya. semisal hari ini tempe goreng maka esoknya dapat tahu goreng, intingya jangan sampai satu bahan makanan yang sama terulang lagi besoknya.

  1. Makan juga apa yang dimakan anak

Anak kadang tidak tahu alasannya mengapa mereka disuruh makan pisang, apel dan masih banyak makanan lain. Oleh sebab itu daripada memberikan jawaban yang bakal mereka tidak pahami, maka ajaklah keluarga juga untuk makan makanan tersebut. Sehingga anak akan tahu ternyata makanan itu baik untuk semua orang.

  1. Ciptakan suasana yang menggembirakan

Ajaklah sang buah hati duduk di ayunan yang ada di teras rumah. Maka anak akan senang karena makan menjadi kegiatan yang mengasyikkan juga.

  1. Ajaklah anak memasak apa yang dia ingin makan

Mungkin nanti dapur bakal seperti kapal pecah, tapi ingat bunda anak – anak akan lebih menghargai makanan ketika mereka tahu seberapa susah makanan itu kamu buat. Dengan begitu mereka tidak akan menyisakan satu butir nasipun di piring.

Baca juga : 5 Tips Rahasia Cara Mendidik Anak Yang Baik & Benar

Nah itulah cara meningkatkan nafsu makan anak. Ketika kamu sedang berusaha melakukannya tetaplah jaga kesabaran ya bunda. Karena anak – anak memang sangat susah kalau di suruh makan. Mereka hanya mau makan makanan yang menurut mereka anak padahal belum tentu makanan itu sehat. Hadapi sikapnya dengan senyum dan penuh kelembuatan pada akhirnya kamu akan berhasil.