Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Cara menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes memang sangat di cari oleh orang – orang yang mempunyai kadar gula darah yang cukup tinggi, gula darah ini sendiri adalah salah satu istilah yang biasa kita gunakan pada saat glukosa atau zat gula dalam darah mengalami eningkatan. Cara menurunkan gula darah tinggi ini pun ada bermacam – macam, ada yang menggunakan cara tradisional dan juga ada yang secara kimia atau obat – obatan. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja cara menurunkan kadar gula darah ini, maka perhatikan penjelasan berikut.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Di Dalam Tubuh Kita

  • Memanfaatkan bawang putih

Memanfaatkan bawang putihSalah satu cara menurunkan kadar gula darah adalah dengan memanfaatkan bawang putih, bawang putih ini ternyata sudah di manfaatkan selama bertahun – tahun sebagai  cara menurunkan kadar gula darah tinggi. Sebuah pengamatan yang coba di lakukan pada seekor hewan(tikus) dan juga kelinci menunjukkan ternyata ekstrak pada bawang putih mampu menurunkan gula darah. Ternyata, ekstrak bawang putih ini mampu meningkatkan jumlah insulin pada orang yang terkena penyakit diabetes.

Kekurangan dari bawang putih ini mungkin hanyalah bau mulut, biasanya jika kita terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih maka akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Namun meski demikian, manfaat dari bawang putih ini sangatlah besar, oleh karena itu anda harus memanfaatkannya sebagai obat penurun gula darah [Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dan Flek Hitam Di Wajah].

  • Mengkonsumsi telur

Mengkonsumsi telurCara menurunkan kadar gula darah yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi telur, telur ini juga bisa anda gunakan  untuk membantu anda dalam menurunkan gula darah. Taukah anda ? sebuah study yang telah di terbitkan di tahun 2008 silam di jurnal internasional obesitas, menemukan bahwa orang yang menagalami obesitas jika di berikan telur ini sebagai makan siang dan malam, maka bisa membantu menahan rasa lapar. Selain itu juga, manfaat lain dari telur ini yakni sebagai pencegah fluktuasi untuk kadar glukosa dan juga insulin, sehingga dapat di simpulkan bahwa telur ini bisa di jadikan sebagai cara menurunkan kadar gula darah tanpa obat.

  • Mengkonsumsi buah alpukat dan juga kacang – kacangan

Mengkonsumsi buah alpukat dan juga kacang - kacanganBuah alpukat dan kacang – kacangan pun bisa anda konsumsi sebagai cara menurunkan kadar kolesterol tinggi, zat asam lemak tak jenuh adalah salah satu komponen yang penting dari pengelolaan kadar gula darah. Zat asam ini lah yang banyak terkandung dalam buah alpukat dan juga kacang – kacangan, taukah anda ? buah alpukat ini ternyata sangat ampuh dalam menurunkan resiko terkena penyakit sindrom metabolik, termasuk juga penyakit diabetes.

Selain itu juga, buah alpukat pun mampu meningkatkan rasa puas setelah anda mengkonsumsi makanan, serta mempunyai dampak sehat untuk tekanan darah dan peradangan anda.

  • Menggunakan kayu manis

Menggunakan kayu manisBerbiacara masalah kayu manis, mungkin anda akan berfikir bahwa kayu manis ini rasanya manis dan banyak mengandung zat gula. Ya, memang benar ! namun taukah anda ? sebenarnya kayu manis ini sangat berkhasiat dalam membantu anda untuk mengurangi gula darah serta dapat mengurangi resiko berkembangnya penyakit diabetes. Sebuah studi menyatakan bahwa kandungan ekstrak pada kayu manis ini sangat baik untuk menurunkan zat gula yang ada di dalam darah.

Selain itu juga, kayu manis ini pun dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan juga trigliserida, sehingga sangat baik untuk di konsumsi. Meskipun sangat baik bagi kesehatan, namun sebaiknya anda harus berhati – hati jika menggunaka kayu manis dalam dosis besar, karena dapat membahayakan kesehatan dan diri anda. oleh karena itu, berkonsultasilah pada dokter terlebih dahulu, guna mengetahui seberapa besar dosis yang harus di gunakan.

  • Konsumsi kacang almond

Konsumsi kacang almondKacang almond ini juga bisa anda konsumsi sebagai cara untuk menurunkan kadar gula darah, seperti yang kita ketahui bahwa kacang almon merupakan sumber serat, protein dan juga magnesium. Selain itu juga, kacang almond mempunyai kandungan madnesium yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang – kacangan yang lain.

Oleh karena itu, kacang almond ini dapat membantu anda dalam mengatur kadar gula darah, anda bisa membeli kacang ini di mall terdekat atau pun di pasaran. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa menjadikan kacang almond ini sebagai cemilan atau bisa juga sebagai campuran makanan.

  • Mengurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gulaBagi anda yang sering menggunakan gula dalam segala jenis makanan, maka sebaiknya mulai hari ini anda harus menguranginya, karena semakin sering anda mengkonsumsi gula maka akan semakin meningkat pula kadar gula dalam darah. Anda bisa menggunakan gula khusus, yang digunakan untuk penderita diabetes, dengan mengurangi zat gula, maka kadar gula dalam tubuh pun akan menurun.

Biasanya gula ini sering di gunakan sebagai pemanis suatu minuman, contohnya saat membuat teh, kopi atau pun susu. Dalam sehari, biasakan untuk melatih diri untuk tidak ketergantungan dengan zat gula, atau bisa juga dengan menghindari makanan yang banyak mengandung gula.

  • Jangan lupa berolahraga

Jangan lupa berolahragaSetelah anda mengetahui jumlah gula darah anda, maka anda pasti tau apakah kadar gula darah tersebut tinggi atau tidak. Jika kadar gula darah tinggi, maka salah satu alternatif mudahnya yaitu dengan berolahraga, olahraga ini bisa anda jalankan selama satu atau dua jam saja dalam sehari. Contoh jenis olahraga yang bisa anda lakukan adalah berlari, jogging, bersepeda, ataupun kegiatan olahraga lainnya.

Jika dalam satu bulan anda rutin berolahraga, maka cobalah untuk mengecek kembali kadar gula darah, semakin menurun jumlah gula darah dalam tubuh maka akan semakin baik pula bagi anda. tidak sulit bukan, untuk melakukan olahraga dua atau tiga kali dalam seminggu ? Baca juga : Obat Tradisional Diabetes Menggunakan Bahan Alami

  • Mengkonsumsi cuka

Mengkonsumsi cukaCuka juga bisa anda manfaatkan sebagai cara menurunkan kadar kolesterol, cuka ini sudah terbukti dapat membantu anda dalam menghambat gula darah serta meningkatnya insulin. Selain itu juga khasiat cuka lainnya yaitu meningkatkan rasa kenyang setelah anda mengkonsumsi makanan, sehingga kemungkinan untuk menambah makanan pun sangat minim.

Sebuah studi yang sudha di lakukan di Arizone State University menemukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi cuka ini, ternyata kadar gula darah dan juga insulinnya akan menjadi normal. Nah, bagi anda yang ingin kadar gula darahnya normal, maka anda bisa mengkonsumsi cuka ini secara rutin.

  • Menggunakan daun sirsak

Menggunakan daun sirsakDaun sirsak ini juga bisa anda manfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah, untuk mengkonsumsi daun sirsak ini maka caranya sangat lah mudah. Langkah pertama yakni ambillah beberapa lembar daun sirsak yang masih mudah dan berwarna hijau tua, kemudian cuci terlebih dahulu dengan air. Setelah itu, rebuslah daun sirsak ini dalam 4 gelas, lalu biarkan sampai mendidih dan tinggal tersisa satu gelas.

Jika sudah cukup, maka anda bisa mengangkat air rebusan ini, lalu dinginkan terlebih dahulu. Jika sudah dingin, maka minumlah air rebusan ini pada soe ataupun malam hari, minumlah air rebusan ini sebanyak tiga kali dalam satu hari. Jika di konsusi secara rutin, maka kadar gula darah pun akan menurun secara alami.

  • Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil

Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecilDengan makan sedikit namun dengan intensitas yang lebih sering, maka secara tidak langsung akan menjadikan tubuh kita lebih sehat, cara ini jauh lebih baik dibandingkan dengan makan dalam porsi besar namun intensitas nya jarang. Hal ini disebabkan karena alat vital yang ada dalam tubuh, terutama pada bagian usus dan juga di pankreas akan menjadi lebih mudah untuk mencerna makanan.

Dengan makan sedikit ini, maka sistem kerja pencernaan pun tidak akan terlalu berat, sehingga setiap makanan yang masuk akan cepat di serap. Apabila anda merasa lapar kembali, maka cobalah untuk mengatur jarak makan antara tiga sampai empat jam, dengan begitu maka makanan yang masuk tidak akan menumpuk.

Saya rasa itu saja pemaparan tentang cara menurunkan kadar gula darah, semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu anda dalam mencari cara menurunkan kadar gula dalam tubuh. karena seperti yang kita tau bahwa jika glukosa terlalu banyak dalam tubuh, maka dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.