Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap

Category : Kesehatan
Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap
4.4 (88.41%) 107 votes

Kuku merupakan bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari. Kuku berasal dari sel yang mirip gel lembut yang mati, lalu mengeras, dan terbentuklah di ujung jari. Kulit ari yang ada di pangkal kuku mempunyai fungsi sebagai pelindung dari kotoran. Kuku mempunyai fungsi utama sebagai pelindung ujung jari yang sangat lembut serta penuh dengan urat saraf. Kuku juga dapat mempertinggi daya sentuh. Kuku merupakan bagian dari tulang, bukanlah protein.

Pertumbuhakn kuku di jari tangan empat kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan kuku di jari kaki. Yaitu rata-rata 1,5-1,5 mm dalam seminggu. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh suhu panas tubuh. Untuk perawatan kuku dapat dilakukan dengan cara alami dan tanpa mengeluarkan banyak uang. Apalagi bahan-bahan cara merawat kuku agar mengkilap sangat mudah ditemukan disekitar anda. Kuku yang sehat ialah kuku yang kuat dan tidak mudah mengelupasnya. Saya akan memberikan cara merawat kuku dengan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Cara Merawat Kuku Agar Mengkilap Dengan Bahan Alami

 

[sociallocker]

 

Banyak sekali bahan alami yang mudah ditemukan yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk merawat kuku. Diantaranya:

1. Belimbing Wuluh

Caranya dengan menggosokkan belimbing wuluh yang telah dipotong pada kuku anda. Setelahnya bilas dengan air. Hal ini dapat membersihkan kotoran yang berada di sela-sela kuku anda sekaligus dapat menguatkan kuku.

2. Air Putih

Penggunaan air putih di sini bukanlah untuk dioleskan secara langsung seperti halnya menggunakan belimbing wulh tadi. Anda menggunakan air putih sebagai cara merawat kuku agar mengkilap dengan cara memperbanyak meminum air putih. Hal ini dapat membuat kuku ada menjadi lebih kuat dan dapat memperindah kuku karena kuku tidak mudah menjadi kering.

3. Kandungan Kalsium

Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Manfaatkan juga minuman yang banyak mengandung kalsium seperti susu untuk memperkuat kuku anda. Selain susu anda juga bisa memperbanyak konsumsi ikan pari, keju, ikan sarden, buji-bijian dan kacang-kacangan. Ada juga beberapa sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam, serta buah seperti strawberry, apel merah, nanas, pepaya, mangga, anggur, alpukat, dan manggis.

4. Lidah Buaya

Bersihkan kuku dengan menggunakan lidah buaya. Lalu oleskan di kuku sampai merata. Hal ini dapat membuat kuku terlihat bening dan cantik.

5. Pepaya

Agar tidak mudah mengelupas dan pecah, gunakan getah pepaya sebagai pembersih kulit kuku bagian luar.

6. Jeruk Nipis atau Lemon

Campurkan pasta gigi dan perasa jeruk nipis atau lemon untuk menyembuhkan kuku yang berwarna kuning. Caranya dengan mengoleskan campuran tersebut yang sudah diaduk hingga rata pada kuku anda. Diamkan hingga kering. Setelahnya basuh kuku menggunakan air hangat. Lakukan minimal selama seminggu sekali, anda akan melihat kuku anda berwarna normal lagi.

[/sociallocker]

Nah, bagaimana menurut anda? Itulah tadi cara merawat kuku agar mengkilap dari saya, cara diatas dapat di gunakan baik untuk kuku kaki ataupun kuku tangan, semoga bermanfaat.

Baca juga : 5 Cara Alami Memanjangkan Rambut