Cara Merawat Smartphone Layar Sentuh Agar Awet Selamanya

Category : Teknologi
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Smartphone atau biasa disebut sebagai ponsel pintar menjadi salah satu trend center di era modern ini. Dari anak-anak hingga lansia  tak mau ketinggalan untuk memilikinya. Hal itu mengakibatkan tumbuhnya berbagai produsen smartphone yang berlomba-lomba menawarkan keunggulan / kecanggihan dari masing-masing smartphone hasil produksinya, mulai dari tampilan layar, kamera, serta sistem pengoperasiannya.

Para pengguna smartphone pasti sangat bangga dan sangat berhati-hati menggunakan ponsel pintar yang ia miliki. Mereka melakukan berbagai macam cara merawat smartphone miliknya agar tetap awet, baik dari segi fisik maupun sistem pengoperasiannya. Pada dasarnya perawatan  smartphone tak jauh beda dengan perawatan ponsel-ponsel biasa.

Tips Cara Merawat Smartphone

Berikut 6  tips cara merawat smartphone

  1. Perawatan pada body smartphone

Kemulusan body merupakan hal pertama yang bisa dijadikan patokan terawat atau tidaknya sebuah smartphone. Telah banyak produk accesoris pelindung body smartphone dipasarkan, seperti lather case , flip case, maupun screen protecktor. Hal tersebut ditujukan untuk melindungi body smartphone dari goresan, air dan mengurangi resiko kerusakan saat terjatuh. Selain itu juga dapat memberikan perlindungan pada kamera smartphone.

  1. Perawatan pada software

Untuk merawat software sebuah smartphone, perhatikan hal-hal berikut :

  • Perhatikan spesifikasi atau kapasitas penyimpanan smartphone anda.
  • Instal aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi smartphone anda. Aplikasi yang memiliki spesifikasi terlalu besar bisa mengakibatkan kinerja smartphone anda menjadi lambat.
  • Berhati-hatilah saat memilih aplikasi yang akan anda instal. Sebaiknya anda menginstal jenis aplikasi yang resmi. Sekarang ini banyak sekali aplikasi strore yang menawarkan berbagai macam aplikasi gratis tetapi justru mengandung malware atau virus didalamnya.
  • Instal anti virus yang terpercaya pada smartphone anda.
  • Jika memungkinkan, instal tune up agar sistem smartphone anda dapat bekerja optimal.

Baca juga : Smartphone Dapat Merusak Tulang Leher, Benarkah ?

  1. Perawatan pada baterai

Baterai merupakan salah satu bagian dari smartphone berfungsi untuk sumber daya smartphone agar dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Untuk menjaga agar baterai smartphone anda tetap awet, perhatikan hal-hal berikut :

  • Gunakan smartphone saat full daya
  • Lakukan pengisian ulang daya segera sebelum daya smartphone anda benar-benar habis.
  • Pakailah charger bawaan smartphone anda. Hindari penggunaan charger dari perangkat smartphone lain.
  • Matikan smartphone anda saat proses pengisian daya.
  • Saat Daya telah full, segera cabut dari charger.
  • Selalu memperhatikan suhu baterai smartphone anda. Berikan jeda istirahat bagi smartphone anda setelah lama memakainya. Suhu baterai yang terlalu panas dapat membuat baterai anda tidak tahan lama.
  1. Perawatan pada speaker

Cara melakukan perawatan yang berhubungan dengan speaker sebuah smartphone yaitu dengan menjauhkan smartphone dari media yang mengandung magnet maupun logam-logam lainnya yang bisa menempel pada smartphone.

  1. Perawatan lainnya adalah dengan cara melakukan back up data pada SIM card atau kartu telepon anda secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menjaga data-data penting anda apabila suatu saat smartphone anda mengalami kerusakan.
  2. Untuk menjaga privacy data-data anda, sebaiknya password smartphone anda dengan kode yang mudah anda ingat.

Demikianlah beberapa tips cara merawat smartphone agar awet tahan lama yang anda miliki. Semoga dapat bermanfaat terimnakasih.

loading...