Garam Mahal ? Kita Buat Sendiri Yuk Dengan 5 Cara Mudah Ini

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Garam Mahal ? Kita Buat Sendiri Yuk Dengan 5 Cara Mudah Ini
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Sudah baca artikel kami sebelumnya yang berjudul Jangan Simpan Semangka Di Dalam Kulkas, Atau Ini Yang Akan Terjadi ! , kalo belum silahkan dibaca dulu ya sobat.

Harga garam yang naik akhir-akhir ini menuai banyak kontroversi dikalangan ibu rumah tangga, hal ini wajar saja pasalnya garam adalah salah satu bahan dapur yang sangat dibutuhkan dan sumber nutrisi bagi kesehatan kita. Lantas agar bisa menghemat dan megnatasi lengkanya garam ini, kenapa kita tidak membuat sendiri saja garam dirumah ? mudah kok, yuk disimak cara membuatnya sebagaimana yang kami kutip dari laman Liputan6.com.

Garam Mahal Kita Buat Sendiri Yuk Dengan 5 Cara Muda

Garam Mahal Kita Buat Sendiri Yuk Dengan 5 Cara Muda

1. Mengumpulkan air laut

Siapkan wadah untuk mengambil air laut yang bersih, awas jangan air laut yang tercemar ya. Untuk mengatahuinya sangat mudah, carilah air laut yang berada jauh dari kawasan industri agar air tersebut tidak tercemar.

2. Menyaring Sedimen

Karna berasal dari laut, besar kemungkinannya air tersebut bercampur dengan sintetis dan puing alami, jadi penyaringan sangat diperlukan untuk memisahkan unsur-unsur berbahaya tadi. Cara melakukannya pun terbilang mudah, anda hanya perlu menuangkan air laut tadi ke kain katun tipis, dengan begitu anda akan mengeluarkan partikel yang tidak diinginkan tapi membiarkan air dan garam masuk.

3. Rebus dulu airnya

Setelah anda memisahkan air asin tersebut, kita tinggal memisahkan air dari kandungan garamnya. Caranya yaitu rebuslah air tersebut diluar ruangan atau didalam ruangan sambil terus mengaduk hingga mendidih agar kandungan garam yang ada didalam air tidak terbakar. Ingat terus aduk ya, karna jika tidak kita tidak akan mendapatkan garam yang menyerupai pasir basah.

4. Keringkan garam tersebut

Selanjutnya kita tinggal tebarkan garam hasil rebusan tadi kedalam wadah untuk mengeringkannya, gunakan cahaya matahari agar proses pembuatannya cepat. Jika tidak memungkinkan, anda juga bisa memasukannya kedalam open dengan api kecil hingga benar-benar kering.

5. Garam sudah jadi

Selamat garam buatan anda sudah jadi, perlu diketahui garam ini bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Untuk penggunaannya, anda bisa hancurkan garam tersebut hingga menyerupai serpihan pasir halus.

Semoga tips membuat garam sendiri dirumah ini bermanfaat, jangan lupa baca artikel kami lainnya yang berjudul Awas! Minum 4 Jenis Air Ini Bisa Sebabkan Kematian, Jangan Sepelehkan.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.