Ibu obesitas cenderung lebih cepat hentikan pemberian ASI pada bayi

Category : Kesehatan
Ibu obesitas cenderung lebih cepat hentikan pemberian ASI pada bayi
5 (100%) 3 votes

Ibu yang sedang menyusui dan mengalami obesitas akan jauh lebih cepat menghentikan pemberian asi-nya dibandingkan ibu yang bertubuh normal. Obesitas dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Selain dapat meningkatkan resiko diabetes, stroke dan jantung, obesitas pada ibu yang sedang menyusui juga dapat memicu berhentinya pemberian ASI lebih cepat ketimbang mereka yang bertubuh normal.

image

Sebuah penelitian menerangkan, hal tersebut disebabkan karena rasa malu yang muncul ketika menyusui anak di depan orang lain. Dengan melibatkan 462 responden wanita, ada sekitar 17% dari mereka yang mengalami obesitas.

Sebagaimana yang dilansir dari Fox news, dari 347 wanita yang melahirkan bayi, ada sekitar 98% yang menyusui buah hatinya hanya satu kali. Sedangkan mereka dengan tubuh normal diketahui dapat menyusui lebih lama.

Hasil itu mengungkapkan kalau ibu dengan tubuh yang besar akan tidak nyaman ketika menyusui di depan orang lain. Bukan cuma itu, wanita yang mengalami obesitas juga merasa canggung dan cemas saat menyusui. Akibatnya, ASI pun akan lebih cepat berhenti ketimbang wanita dengan tubuh normal.

“Para ibu harus nya memiliki keinginan sama untuk dapat memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, namun kenyamanan dan rasa percaya diri merupakan masalah bagi ibu yang obesitas,” ujar peneliti dari University of queensland, Brisbane, dokter Ruth Newby.

loading...