Ini Manfaatnya Mengkonsumsi Madu Sebelum Tidur Saat Ber-Puasa

Category : Kesehatan

Ramadhan telah tiba, seringkali tubuh kita kekurangan nutrisi saat berpuasa dikarenakan pola makan kita yang sembarangan. Madu bukan hanya memberi manfaat untuk orang dewasa saja, tapi madu juga dapat memberi manfaat untuk anak-anak untuk menjaga daya tahan tubuh.

Madu merupakan bahan yang serbaguna untuk kesehatan karena kerana madu mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang yang sangat diperlukan tubuh seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D dan banyak lagi.

Seperti yang dikutip tribunnews.com, selain itu, madu aman untuk orang dewasa dan anak-anak, karena mereka memiliki sistem pencernaan yang telah matang yang dapat menangani spora. jadi tak perlu khawatir dengan efek samping madu. 

Salah satu metode yang disarankan dalam mengonsumsi madu yakni minum 1 sendok makan madu sebelum tidur malam. hal ini akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan saat bangun untuk sahur kita akan semangat tidak merasa malas-malasan.

Setidaknya ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh madu apabila dikonsumsi sebelum tidur. diantaranya: 

Ini Manfaatnya Mengkonsumsi Madu Sebelum Tidur Saat Ber-Puasa

Ini Manfaatnya Mengkonsumsi Madu Sebelum Tidur Saat Ber-Puasa

  • Tidur jadi lebih nyenyak

madu dapat menyebabkan kenaikan insulin dan mendorong pelepasan serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan. “Tubuh mengubah serotonin menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur rasa kantuk dan kualitas tidur,” kata Rene Ficek, ahli diet dan gizi di Seattle Sutton’s Healthy Eating Chicago, Seperti yang dikutip kompas.com.

  • Menjaga badan biar nggak gampang sakit

Dengan mengkonsumsi madu secara rutin. Madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah aalergi dan dapat mencegah munculnya plak di gigi.

Meski khasiat madu sangat besar tapi kita tetap tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. 

  • Sumber nutrisi yang lengkap

seperti yang dikutip manfaatmadu.co.id, Madu mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Dengan begitu mengkonsumsi madu dapat menjadikan tubuh kita sehat baik jangka panjang maupun pendek.

Itu tadi beberapa manfaat apabila kita mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur. Tidak disangka ternyata madu baik dikonsumsi saat kita menjalani ibadah puasa dan jangan lupa untuk mememilih madu yang asli agar khasiatnya lebih terasa.