Inilah 3 Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Category : Kesehatan

Menstruasi seringkali merundung wanita mulai dari adanya rasa sakit karena banyaknya jumlah pendarahan maupun siklus yang tak teratur. Hal tersebut memang merupakan alarm adanya ketidakberesan di dalam tubuh walaupun sebagian besar masalah tersebut memang tidak serius dan bersifat sementara.

Remaja putri yang baru mendapat menstuasi normal jika masih mengalami ketidakteraturan, begitu juga dengan wanita menjelang menopause. Siklus menstruasi yang normal dipengaruhi oleh sejumlah hal yaitu usia dan menopause.

Namun di luar ke-2 hal itu menstruasi yang normal  teratur datang setiap bulan. Beberapa hal yang menyebabkan menstuasi tidak teratur antara lain stress, obat, kehamilan, adanya penyakit dan masalah lain misalnya tumor alat kandungan ataupun kista.

Inilah 3 Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Inilah 3 Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Menstruasi Tak Normal, ini Sebabnya

Dibawah ini adalah masalah yang sering ditemui dalam hal menstruasi :

  1. Spotting (perdarahan bercak), adalah alarm jika berlangsung dalam waktu yang lama, untuk anak di bawah 10 tahun berhati-hatilah, ibu hamil dan wanita yang sudah mengalami menopause. Beberapa penyebab perdarahan bercak adalah gangguan kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi, dalam masa subur(ovulasi), menyusui, perimenopause, aktivitas berat, dan ketidakseimbangan hormon akibat penyakit misalnya Diabetes dan Tiroid yang overaktif.
  2. Keluar darah yang banyak, menggumpal dan lama, wanita yang mengalami hal ini mudah terkena anemia (kekurangan darah). Pada saat menstruasi sedang banyak-banyaknya, mungkin saja hal tersebut masih normal, tapi berhati-hatilah jika pada saat hamil ataupun di luar periode menstruasi terjadi perdarahan yang berkepanjangan. Beberapa penyakit / kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan seperti itu adalah Endometriosis, obesitas, kelainan darah, gangguan hormonal, penggunaan alat kontrasepsi dan kanker rahim/tumor.
  3. Menstruasi terasa nyeri. Apabila rasa nyeri berlangsung lama  dan tak tertahankan mungkin dikarenakan oleh beberapa penyakit/kondisi antara lain Endometriosis, peradangan pada rongga panggul, pemakaian IUD ataupun adanya tumor dalam rahim. Masih dikatakan normal jika masih dirasakan ringan dan terjadi pada beberapa hari pertama menstruasi.