Inilah 6 Pantangan Diabetes Melitus Yang Harus Kamu Tahu

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Inilah 6 Pantangan Diabetes Melitus Yang Harus Kamu Tahu
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Pantangan Diabetes – Penderita diabetes melitus diwajibkan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dengan cara meninggalkan makanan dan minuman yang mengandung gula lebih. Selain itu, penderita juga harus menjaga  melakukan beberapa aktivitas yang akan membuat gula darah semakin meningkat. Banyak sekali jenis pantangan diabetes yang harus diketahui oleh penderita diabetes.

Baca juga : Perbedaan Diabetes Insipidus Dan Diabetes Melitus

Apabila membahas mengenai berbagai macam pantangan yang harus dilakukan penderita diabetes sebenarnya banyak, meliputi dalam berhubungan mengonsumsi makanan dan minuam jenis tertentu. Tapi, pantangan penderita diabetes ini bukan hanya menyangkut makanan dan minuman semata, namun ada beberapa hal lainnya. Beberapa pantangan tersebut dapat anda simak di bawah ini.

Inilah 6 Pantangan Diabetes Melitus Yang Harus Kamu Tahu

Inilah 6 Pantangan Diabetes Melitus Yang Harus Kamu Tahu

Pantangan Diabetes Yang Harus Diketahui

 

 

Jangan olahraga berlebihan

Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun juga untuk penderita diabetes yang melakukan olahraga berat secara berlebihan adalah salah satu dari pantangan diabetes. Sebab, dengan menjalani olahraga yang berat dan berlebih dapat membebani fisik penderita. Apalagi untuk penderita diabetes yang telah semakin lemah dengan tingginya kadar gula darah ditambah dengan olahraga berat akan memicu malnutrisi dan juga dehidrasi. Dalam menjalankan jenis olahraga ini anda dapat mempertimbangkan frekuensi olahraga yang rendah.

Teh manis

Pantangan penderita diabetes yang kedua adalah dengan tidak mengonsumsi teh manis karena asupan gula pada teh manis akan membuat kelebihan kalori dalam tubuh. Segelas teh manis mengandung 1000-1.200 kalori tergantung kepekatan teh.

Rokok

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Amerika telah melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita yang perokok aktif. Ternyata untuk mereka perokok aktif akan beresiko 22 % terserang diabetes atau akan membuat diabetes semakin buruk. Apalagi jika naiknya risiko ini ditambah dengan berbagai gaya hidup yang tidak sehat seperti menjaga pola makan dan olahraga.

Kafein

Setelah rokok maka pantangan selanjutnya adalah kafein. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan kafein memiliki dampak negatif bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kebiasaan mengonsumsi kafein.

Goreng-gorengan

Gorengan adalah salah satu penyebab hadirnya penyakit diabetes bahkan beberapa penykit degeneratif, kardiovaskular dan stroke. Penyebab dari penyakit ini adalah disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah koroner dengan risikonya adalah dislipidemia. Dislipedemia merupakan kelainan dari metabolisme lipid yang diakibatkan adanya peningkatan kadar kolestrol total.

Pil kontrasepsi

Terakhir untuk pantangan kencing manis ialah dengan tidak mengonsumsi pil kontrasepsi, sebab pil ini terbuat dari hormon estrogen dan progestin yang menyebabkan perubahan kadar gula darah. Kerja dari hormon ini adalah berlawanan dengan kerja insulin, oleh karena kerja insulin dilawan maka pankreas akan dipaksa bekerja lebih keras  demi memproduksi insulin. Apabila dibiarkan terlalu lama maka pankreas akan menjadi letih dan tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga : 9 Sayuran Yang Berguna Untuk Menurunkan Resiko Diabetes

Itulah beberapa pantangan diabetes yang harus dilakukan bagi penderita diabetes.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.