Inilah Bahayanya Tidur Mendengkur Yang Kamu Harus Tahu

Category : Kesehatan

Orang yang punya kebiasaan tidur sembari mendengkur seringkali kita jumpai, terutama pada orang terdekat kita yang tinggal bersama dalam satu rumah. bisa teman, saudara atau bahkan mungkin orang tua kita sendiri. namun ternyata kebiasaan mendengkur tersebut memiliki pontensi yang cukup berbahaya terhadap kesehatan lho, simak penjelasannya dibawah ini. 

Kebiasaan tidur sambil mendengkur atau yang dalam istilah kedokteran disebut sleep apnoea tersebut bisa terjadi di akibatkan karena adanya penyempitan saluran didalam pernafasan. dan dalam kondisi tertentu, gangguan tidur ini dapat berujung pada kematian. menurut seorang Pakar gangguan tidur di Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli, mengungkapkan, penyempitan pada saluran pernafasan ini dapat mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat. dan pada penderita tingkat tertentu bisa membuat pernafasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Keadaan dapat ini bisa terjadi berulang kali dengan durasi rata-rata 10-60 detik. “Dalam semalam orang yang mendengkur bisa berhenti bernafas sesaat sebanyak 300 kali.” kata Dokter Cistulli.

Inilah Bahayanya Tidur Mendengkur Yang Kamu Harus Tahu

Inilah Bahayanya Tidur Mendengkur Yang Kamu Harus Tahu

Akibat minimnya aliran suplay oksigen keseluruh bagian organ tubuh tersebut, terpaksa membuat organ fital harus bekerja ektra keras dalam menjalankan fungsinya termasuk jantung dan otak. oleh karena Itulah mengapa, tidur sembari mendengkur dalam waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung.

Baca juga : 1001 Cara Mengatasi Susah Tidur / Insomnia Secara Alami

Kadar suplay oksigen yang fluktuatif tersebut membuat lapisan sel dalam pembuluh darah menjadi rusak. namun yang paling patut diwaspadai adalah pada saat suara dengkuran terdengar semakin keras dan tiba-tiba berhenti serta disusul dengan hentakan nafas yang besar. kondisi tersebut merupakan pertanda bahwa organ tubuh terutama jantung tengah bekerja lebih keras untuk memasok oksigen. “Dan, pada saat terbangun dari tidur, biasanya penderita akan merasakan sakit kepala dan juga linglung,” tutup Dokter Cistulli.