Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Di Bulan Puasa

Category : Islami, Kesehatan
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Walaupun makan dan minum kita berkurang saat Ramadhan, bukan berarti kebugaran serta kesehatan tubuh kita harus dilupakan. Pasalnya, olahraga masih bisa dilakukan dengan menyiasati waktu yang kita miliki.

Menurut dokter Michael Triangto, SpKO, olahraga ringan bisa dilakukan ketika anda usai sahur dan shalat subuh. Durasinya pun tidak perlu lama sehingga mengakibatkan dehidrasi.

“Bentuknya bisa jalan cepat. Itu dapat dilakukan ketimbang anda melanjutkan tidur. Bisa mengitari komplek ataupun taman selama 30 menit lamanya. Dengan begitu, maka tidak akan menggangu waktu anda kekantor,” ujar dr. Michael seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com.

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Di Bulan Puasa

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga Di Bulan Puasa

Jika anda melakukannya, maka kesegaran tubuh anda akan terjaga hingga pukul 14.00 – 15.00. Itu disebabkan karena aktivitas tubuh yang masih membakar kalori pasca olahraga.

Tapi bila anda masih merasa kurang ,olahraga pun bisa dilakukan kembali sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di tahap ini, olahraga bertujuan agar kondisi tubuh tetap segar walaupun sebelumnya sudah terasa lemas.

“Bila sebelum puasa biasanya berolahraga dan ingin mempertahankannya, maka olahraga dapat dilakukan sebelum adzan maghrib,” ujar dr. Michael lagi.

Baca juga : 3 Tantangan Di Bulan Puasa Ramadhan Dan Cara Mengatasinya

Jenis olahraga yang dilakukan pun bisa lebih berat ketimbang di pagi hari, seperti lari mengelilingi kompleks atau taman. Tak hanya itu, gerakan kalistenik yang memanfaatkan berat badan seperti sit up dan push up bisa menjadi pilihan terbaik.

DI sesi ini anda tidak perlu merasa khawatir dehidrasi. Pasalnya ketika selesai olahraga, waktu berbuka pun tiba dan anda bisa minum setelahnya.

Tapi Dr. Michael tidak menganjurkan untuk berolahraga di pusat kebugaran saat sore hari selama bulan ramadhan. Tapi, bila anda tetap ingin melakukannya, lakukanlah setelah berbuka atau seusai shalat tarawih.