Jangan Dibiarkan, Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kram Dalam Sekejab

Category : Kesehatan
Jangan Dibiarkan, Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kram Dalam Sekejab
5 (100%) 2 votes
Cara mengatasi kram perut pada wanita dan pria

Cara mengatasi kram perut pada wanita dan pria

Portalremaja.co.id – Semua hal yang tercipta di dunia ini ada batasannya, termasuk daya tahan tubuh. Sepakat, kan? Jadi, sebaiknya kalian tahu kalau aktivitas yang mengharuskan otot tubuh kita bekerja ekstra keras juga punya konsekuensi, misalnya kram.

Singkatnya, kram merupakan kondisi otot ketika sebagian helai serat otot mengalami kontraksi yang tidak wajar dan menyebabkan ketidakmampuan bergerak. Kram sendiri terjadi karena beberapa hal, mulai dari cidera dan kelelahan pada otot, dehidrasi, hingga gangguan syaraf.

Menurut Fooducate.com, mengonsumsi lima makanan dan minuman ini bisa membantu mengurangi kemungkinan kram otot lho! Simak ya!

1. Makanan kaya potasium.

Pertama, kram bisa dicegah dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung potasium yang tinggi, di antaranya adalah pisang dan brokoli. Potasium bisa membantu sodium untuk mengatur sinyal listrik ke otot supaya tetap bekerja normal. FYI, yoghurt juga bisa jadi solusi sumber potasium loh!

2. Makanan dan minuman asin.

Tubuh kita kehilangan sodium lewat keringat, apalagi ketika sedang berolahraga di cuaca panas atau beraktivitas berat. Maka dari itu, masuk akal mengapa di saat seperti ini diperbolehkan meminum energy drink yang mengandung sodium. Kamu juga bisa mengonsumsi air garam, seperti yang biasa dipergunakan untuk meredakan diare dan kue kering seperti kastangel.

3. Makanan kaya kalsium.

Konsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium juga penting untuk menghindarkan otot kram. Susu, keju, yoghurt, maupun telur adalah sumber kalsium dan protein yang mampu melindungi kalian dari ancaman kram.

4. Makanan berkarbohidrat.

Banyak yang belum tahu makanan seperti makaroni dan pasta punya tingkat glikogen yang sangat bagus, jika dibandingkan dengan roti beras atau nasi. Selain itu, makaroni dan pasta yang terbuat dari gandum akan sangat baik menggantikan energi yang hilang pasca berolahraga, sekaligus dapat mencegah kram otot. Menjaga karbohidrat dalam tubuh sangat penting. Karena ketika kalian kelelahan, maka potensi otot mengalami kram juga tinggi.

5. Konsumsi acar.

Last but not least, meminum air hasil rendaman acar timun ternyata sangat baik bagi otot. Kalau kamu tidak mengalami darah rendah, mengonsumsi acar sekaligus akan lebih bagus!

6. Wedang Jahe

Wedang jahe juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi masalah kram perut sekaligus bisa meredakan rasa nyeri. Cara membuatnya sendiri sangat simpel yaitu panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih kemudian setelah itu baru masukan jahe, serai, daun pandan dan sedikit garam lalu tunggu hingga tercium aroma khas dari jahe. Kemudian saring wedang jahe tersebut dan masukan dalam gelas.

7. Konsumsi Air Putih

Setelah beristirahat maka cobalah untuk mengkonsumsi air putih agar rasa sakit pada perut Anda sedikit berkurang. Air putih ini bisa membantu mengurangi kadar asam lambung didalam tubuh sehingga sangat baik dan cukup membantu untuk mengatasi masalah kram perut ini

Di samping mengonsumsi makanan dan minuman di atas, ada baiknya jika kalian membiasakan diri untuk melakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum berolahraga atau aktivitas berat.

loading...