Jangan Tatap Matahari Bila Tak Ingin Cacat Mata Seperti Bocah Ini, Astaghfirullah !

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Jangan Tatap Matahari Bila Tak Ingin Cacat Mata Seperti Bocah Ini, Astaghfirullah !
Berikan Rating Untuk Artikel Ini
Jangan Tatap Matahari Bila Tak Ingin Cacat Mata Seperti Bocah Ini, Astaghfirullah !

Jangan Tatap Matahari Bila Tak Ingin Cacat Mata Seperti Bocah Ini, Astaghfirullah !

Sinar matahari meski bermanfaat untuk kehidupan di bumi bukan untuk dilihat langsung oleh mata. Apakah sedang gerhana atau tidak, para ahli sangat tidak menyarankan menatap matahari karena sinarnya dapat merusak mata menimbulkan gangguan penglihatan.

Seperti yang terjadi pada seorang gadis 12 tahun dari Florida, Amerika Serikat. Laporan terbaru di jurnal JAMA Ophthalmology menyebut bahwa retina sang gadis rusak setelah satu menit melihat matahari langsung.

Disebut solar retinopathy, kondisi ini terjadi ketika sinar matahari yang masuk lewat lensa mata menjadi intens terfokus dan membakar retina. Bayangkan seperti menggunakan kaca pembesar untuk memfokuskan sinar ke satu titik menghasilkan panas tinggi.

“Kejadian seperti ini bisa membuat penglihatan jadi kabur atau menimbulkan titik buta pada satu atau kedua mata,” kata dr Kara Cavuoto dari Bascom Palmer Eye Institute seperti dikutip dari Live Science, Selasa (22/8/2017).

Pada kasus sang gadis dirinya diketahui memang memiliki kondisi glaukoma (peningkatan tekanan pada bola mata) sehingga penglihatannya sudah terganggu. Oleh sebab itu menurut tim dokter kemungkinan dirinya jadi lebih kurang sensitif terhadap cahaya silau bisa memerhatikan matahari dalam waktu lama.

dr Kara mengatakan ada orang yang penglihatannya bisa kembali meski tidak 100 persen tapi ada juga yang mengalami kerusakan permanen. Untuk sang gadis meski sudah dilakukan upaya perbaikan namun penglihatannya tetap tidak bisa pulih.

Menurut dr Kara kejadian solar retinopathy seperti ini lebih umum terjadi saat gerhana matahari. Karena saat matahari tertutup bayangan bulan, orang-orang jadi merasa bisa melihat langsung namun sebetulnya tetap masih ada cahaya yang berbahaya.

“Tidak ada perbedaan risiko melihat matahari saat gerhana atau pada waktu lainnya. Orang-orang cenderung melihat matahari dalam waktu yang lama saat gerhana dan meremehkan kerusakan yang mungkin terjadi pada mata,” pungkas dr Kara.

Kami juga punya artikel menarik lainnya yakni Percaya Nggak Percaya, Ternyata Sarapan Bisa Mempengaruhi Kecerdasan Kita.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.