Cara Mendirikan Jasa Pengurusan Barang

Category : Finansial

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Cara Mendirikan Jasa Pengurusan Barang
5 (100%) 1 vote
Karena semakin berkembanganya era globalisasi membuat kita lebih mudah untuk melakukan kegiatan. Salah satunya, jasa pengurusan barang atau paket. Bukan hanya di Indonesia saja, jasa ini sangat berkembang dengan pesat tetapi juga di seluruh dunia.
Salah satu usaha yang sangat bergantung dengan jasa pengiriman ini yaitu para pengusaha bisnis online. Seperti yang diketahui pengusaha bisnis online tidak melakukan kegiatan transaksi jual beli secara lagsung.
Kalau berbicara mengenai jasa ini tentu kita mengandalkan alat transportasi demi mengantar barang-barang tersebut agar sampai ke tempat tujuan. Ada beberapa jenis alat transportasi yang biasa digunakan, seperti pengiriman barang melalui transportasi laut, darat dan udara.
Kegiatan yang biasa dilakukan oleh pegawai jasa pengurusan barang yaitu, penerimaan, penyimpanan, sortasi, pengekapan, penandaan, penimbangan, pengukuran, penerbitan dokumen angkutan, pengurusan penyelesain dokumen, perhitungan biaya angkutan, penyelesaian tagihan serta klaim asuransi atas pengiriman barang dan biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan pengiriman barang-barang tersebut sampai kepada yang berhak menerima barang tersebut.
5253332_transportation1

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Mendirikan Jasa Pengurusan Barang

Ketika hendak mendirikan jasa ini, hal yang harus diperhatikan adalah harus adanya surat izin transportasi yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan. Izin yang diberikan terkhusus bagi PT atau perseroan terbatas yang khusus mendirikan usaha jasa pengurusan barang dengan transportasi.
Selain mendapat izin, transportasi tersebut juga harus memenuhi syrarat yang telah ditentukan berdasarkan Surat Izin Usaha berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Untuk memperoleh izin usaha harus memenuhi beberapa persyaratan dibawah ini:
  • Harus Memiliki akta pendirian yang disahkan oleh instansi berwenang;
  • Memiliki modal usaha paling kecil Rp. 200.000.000;
  • Saham perusahaan harus dimiliki oleh WNI atau Warga Negara Indonesia, walau ada modal asing harus mendapat izin prinsip Instansi yang berwenang (BKPM);
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP;
  • Harus adanya surat keterangan domisili perusahaan yang masih berlaku;
  • Memiliki minimal 1 orang pegawai ahli  dalam bidang kepabeanan; dan
  • Mendapat rekomendasi dari Asosiasi  Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi yang diakuki Kamar Dagang dan Industri atau KADIN.

Tatata Cara Pengajuan Izin Usaha Jasa Pengurusan Barang

Apabila Anda masih bingung mengenai pengajuan izin usaha jasa pengurusan barang,  Saya akan memberikan poin-poin penting yang setidaknya dapat membantu:
  • Permohonan izin usaha diajukan kepada Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.
  • Izin usaha harus diberikan dari Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.
  • Penolakan atau penerimaan atas permohonan diberikan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 14 hari.
  • Permohonan yang ditolak dapat diajukan kembali, apabila telah melangkapi semua persyaratan permohonan surat izin usaha.
Di atas tadi merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mendirikan jasa pengurusan barang melalui alat transportasi di Indonesia. Bagi Anda yang berminat dan memiliki banyak saham atau modal, apa salahnya untuk mencoba.
loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.