Jenis Jenis Buku Fiksi & Non Fiksi

Category : Sastra
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Ada banyak sekali jenis-jenis buku di Indonesia ini. Mulai dari buku fiksi yang menghibur hingga buku non fiksi yang memberikan banyak pengetahuan. Adakah dari anda yang mengetahui jenis-jenis buku tersebut? Nah, saya akan memberitahu anda beberapa jenis-jenis buku.

14 Jenis-jenis Buku Fiksi Ataupun Non Fiksi

1. Novel
Jenis buku yang satu ini masuk ke dalam kategori karangan fiksi. Novel merupakan sebuah karya tulis dalam bentuk narasi. Seorang penulis novel disebut dengan novelis. Novel merupakan cerita yang tersusun oleh lebih dari 40.000 kata. Cerita yang disajikan juga sangat kompleks. Novel juga tidak dibatasi keterbatasan sajak atau metrikal sandiwara dan struktural.

2. Cergam
Cergam atau cerita bergambar merupakan tulisan narasi yang diilustrasikan dengan gambar, sama dengan komik. Bedanya komik lebih awal pemunculannya dibanding komik

3. Komik
Komik merupakan suatu seni dalam bentuk jalinan cerita yang terbentuk oleh gambar-gambar diam yang disusun sedemikian rupa.

4. Ensiklopedi
Ensiklopedi atau yang juga disebut ensiklopedia merupakan gabungan dari beberapa buku yang berisi ilmu pengetahun yang tersusun sesuai abjad atau sesuai kategori.

5. Nomik
Nomik atau novel komik merupakan jenis komik yang ceritanya lebih kompleks seperti sebuah novel.

6. Antologi atau Kumpulan
Antologi merupakan kumpulan dari banyak karya sastra. Misalnya antologi puisi, antologi cerpen, antologi pantun.

7. Dongeng
Dongeng merupakan sebuah cerita yang diangkat melalui kisah nyata dan pemikiran fiktif. Penggabungan cerita tersebut ditulis sedemikian rupa menjadi cerita yang mengandung pesan moral dan makna hidup.

8. Biografi
Biografi merupakan buku yang berisi tentang kisah hidup seseorang (biasanya orang-orang yang berpengaruh) mulai dari kelahirannya, hingga kematiannya jika sudah meninggal.

9. Jurnal
Jurnal disebut juga dengan catatan harian. Buku jenis ini berisi tentang catatan pribadi atau berupa catatan pribadi itu sendiri.

10. Novelet
Novelet merupakan cerita narasi yang panjangnya berada di tengah-tengah antara novel dan cerpen. Novelet menggunakan kata lebih banyak dari cerpen namun lebih sedikit dari novel. Biasanya jumlah halaman novelet berkisar dari 40 hingga 50 halaman.

11. Fotografi
Fotografi merupakan kumpulan dari karya-karya seorang fotografer. Biasanya buku jenis ini disertai dengan keterangan dari foto yang disajikan. Untuk beberapa kepentingan, buku jenis ini dapat juga berisikan penjelasan tentang cara dan strategi menghasilkan foto-foto yang dimuat dalam buku tersebut.

12. Karya Ilmiah
Karya ilmiah merupakan jenis buku yang berisi hasil dari sebuah penelitian. Bisa berupa laporan, disertasi, skripsi, tesis, dan lainnya.

13. Tafsir
Buku tafsir memiliki beberapa jenis sesuai dengan isinya. Misalnya tafsir mimpi dan tafsir ayat Al Quran. tafsir diberikan dengan tujuan memberikan penjelasan lebih mendalam tentang hal tertentu agar lebih mudah untuk dipahami.

14. Kamus
Kamus merupakan buku yang berupa acuan yang memuat ungkapan dan kata. Biasanya disusun berdasarkan abjad yang dilengkapi dengan makna, terjemahan, dan pemakaiannya.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis buku yang saya berikan., semoga dapat bermanfaat untuk anda.

loading...