Tips Dan Cara Menentukan Harga Jual Rumah Sidoarjo

Category : Properti
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Tips Menentukan Harga Jual Rumah Sidoarjo – Bila anda salah satu orang yang ingin menjual rumah di wilayah sidoarjo, mungkin anda akan sedikit kesulitan menentukan harga yang akan anda patok ke pembeli. Ini adalah hal wajar, dimana ada faktor tersendiri untuk penentuan harga rumah, walaupun rumah memiliki harga pasaran namun tidak semua bentuk rumah itu sama, baik lebar, bahan pembuatan, dan lain sebagainya maka dari itu banyak dari mereka yang tidak paham untuk melakukan penentuan harga jual rumah sidoarjo ini.

Tempat yang tepat untuk jual rumah sidoarjo

Tips dan Cara Menentukan Harga Jual Rumah Sidoarjo

Saat anda ingin jual rumah di sidoarjo, maka akan ada cara strategis yang harus anda lakukan, bukan hanya harus pintar saat mencari konsumen, namun si penjual pun harus tahu cara menentukan harga jual yang semestinya. Sebab properti yang dijual secara perorangan tidaklah memiliki harga pasti tersendiri melainkan hanya sebagai pengiraan saja.

Kali ini caraku.net akan memberikan beberapa tips bagi anda yang ingin men jual rumah di sidoarjo, bacalah pelan pelan saja karena semua point nya sangat penting :

  • Survei terlebih dahulu rumah yang ada di sekitar lingkungannya, hal ini berguna untuk mencari perbandingan, cari rumah se-tipe atau mungkin mendekati dan lihat harga jualnya berapa, lalu harga tersebutlah yang akan menjadi perkiraan untuk di pertimbangkan selanjutnya.
  • Data terlebih dahulu semua faktor yang ada dirumah anda, baik itu ukuran, luas, karakteristik, keadaan alam sekitar, banjir / gempa bumi misalnya, usia dan bentuk bangunan, surat menyurat, dan lain sebagainya, apabila sudah lengkap anda dapat melakukan perkiraan apakah layak bila rumah anda dijual dengan harga yang ingin anda patok sebelumnya.
  • Bila anda telah melakukan survei rumah dengan menggabungkan faktor penentu harga jual yang sudah di sebutkan diatas, maka timbullah perbandingan, apakah pantas bila rumah anda di patok dengan harga tinggi atau malah sebaliknya.
  • Ada baiknya anda menganalisa dengan cara terpisah antara tanah dan bangunan, contohnya saja, anda memiliki tanah dengan luas 10m persegi, dan luas bangunan 8m persegi di wilayah kota, maka harga tanah = 100jt, bangunan = 120jt, dan total keseluruhannya 220jt. Dan lakukan penawaran kepada calon pembeli rumah dengan menaikkan harga setidaknya 20% agar bila terjadi penawaran akan tetap balik ke harga pasaran yang sudah di analisa tadi.
  • Yang perlu di perhatikan, anda haruslah bisa menentukan harga terendah rumah dan tanah tersebut (biasa disebut floor price), serta pembeli pun juga harus bisa menentukan harga tertinggi yang mampu di bayarkannya (disebut ceiling price), nah selisih antara ceiling price dan floor price ini yang menjadi hasil transaksi anda nantinya (market price).
  • Tips selanjutnya yaitu anda pun jangan semena mena untuk menentukan harga jual yang terlalu tinggi, sebab para pembeli pun tidak bisa diremehkan, mereka tentu sebelum berencana melihat rumah anda telah melakukan survey terlebih dahulu seperti yang anda lakukan di atas, bila harga yang anda patok terlalu mahal maka orang tidak akan melirik apalagi membeli rumah yang anda jual.
loading...