10 Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

10 Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan
5 (100%) 2 votes

Portalremaja.co.id – Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Namun, cara makan bawang putih untuk kesehatan ini mungkin tidak biasa bagi Anda. Anda dianjurkan untuk makan bawang putih mentah, tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu.
Setelah mendengar segudang khasiatnya berikut ini, Anda tak akan ragu lagi untuk segera mengonsumsi bawang putih mentah.

Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Khasiat / Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat makan / mengkonsumsi bawang putih mentah

Proses memasak dan mengolah bawang putih menyebabkan hilangnya berbagai nutrisi dan kandungan yang penting. Maka, mengonsumsi bawang putih secara mentah seperti makan buah ini akan menjamin segala nutrisi yang penting tidak hilang. Jika Anda rutin makan bawang putih dalam keadaan mentah, paling tidak dua kali seminggu, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut.

1. Sumber senyawa antioksidan murah

Bawang putih memiliki kadar antioksidan tinggi yang bisa berperan dalam pencegahan kanker. Bila Anda kebetulan seorang perokok berat, maka anda harus memakan bawang putih mentah guna memproteksi tubuh sekaligus juga untuk menghindarkan diri dari serangan kanker.

Baca juga : Cara Mengatasi Keputihan, Mengobati Keputihan Secara Alami

2. Sumber anti inflamasi.

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan lainnya pun bisa berfungsi sebagai zat anti-radang. Untuk itu bila Anda terkena demam, ataupun menderita sakit tenggorokan maka hanya dengan memakan bawang putih dan kesudahannya tenggorokan Anda dengan cepat akan kembali sehat.

3. Melimpah akan senyawa anti-bakteri

Sudah lama dibuktikan bahwa bawang putih adalah sumber senyawa anti-bakteri yang bagus. Bila Anda terkena infeksi pada perut, anda boleh mencampurkan rajangan bawang putih mentah pada salad. Bila rutin dikonsumsi maka pencernaan Anda akan makin lancar.

4. Memurnikan Darah

Kalau selama ini kamu memiliki masalah jerawat, maka ada baiknya kamu secara rutin mengonsumsi bawang putih yang dapat dimanfaatkan untuk memurnikan darah. Ya, bawang putih dapat merawat kulitmu dari dalam.

5. Menyembuhkan Batuk dan Flu

2-3 siung bawang putih mentah dicampur dengan secangkir air hangat yang diberi madu atau jahe dapat meredakan hidung tersumbat akibat flu ataupun batuk. “Bawang putih yang digunakan untuk membuat kaldu dan sup dapat dimanfaatkan untuk melawan sinusitis, batuk dan flu. Bawang putih akan lebih berkhasiat jika dimakan dalam keadaan mentah,” jelas Dr. Shikha Sharma.

6. Mencegah penyakit jantung

Kabar baik datang dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Dalam penelitian tersebut, diungkapkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Makan bawang putih mentah secara rutin juga manjur untuk mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki berbagai jenis gangguan pada jantung dan sistem metabolisme.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Bawang Putih

7. Menjaga kesehatan otak

Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan dementia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih mentah. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikkan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

8. Membunuh Bakteri Jahat yang Ada dalam Tubuh

Kandungan yang ada dalam tubuh dapat membunuh bakteri berbahaya yang ada dalam tubuh. Bawang putih lebih berkhasiat dibandingkan dengan bawang merah.

9. Melancarkan sirkulasi darah

Mengkonsumsi bawang putih mentah pun bisa melancarkan sirkulasi darah dan melonggarkan pembuluh darah yang terhalang oleh lemak.

10. Pencegah Kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari dapat mencegah kanker perut dan usus. Bawang putih dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker.

 

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.