Kiat Mencegah Infeksi Jamur di Vagina

Category : Kesehatan
Kiat Mencegah Infeksi Jamur di Vagina
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Infeksi jamur di vagina disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur Candida albicans. Gejalanya bisa berupa gatal di vagina, keputihan seperti putih susu menggumpal, rasa terbakar, dan berbau asam.

Namun, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah infeksi jamur di vagina. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Jaga area selangkangan agar tetap kering

Lingkungan yang hangat dan lembap merupakan kondisi yang sangat “ideal” bagi jamur untuk tumbuh. Hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat membuat area selangkangan menjadi lebih lembap. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan segera ganti pakaian Anda jika sudah terasa berkeringat dan lembap.

Hindari sembarangan mengonsumsi antibiotik

Antibiotik bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh dan terkadang bakteri atau flora normal yang ada di dalam tubuh pun juga ikut mati. Sebaiknya gunakan antibiotik seperlunya, atas anjuran dokter dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Tingkatkan imunitas tubuh

Kekebalan tubuh yang rendah dapat membuat Anda lebih rentan terkena infeksi. Jadi pastikan Anda menjalani gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan sehat dan berolahraga teratur.

Batasi konsumsi gula

Untuk penderita diabetes melitus, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kadar gula melonjak. Orang yang menderita diabetes lebih rentan terkena infeksi jamur di vagina. Sebagai alternatif, ganti camilan manis Anda dengan sayur dan buah yang lebih sehat.

Konsumsi probiotik

Jika Anda mengalami infeksi jamur di vagina lebih dari 3 kali per tahun, sebaiknya pertimbangkan untuk mengonsumsi probiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus. Studi menunjukkan bahwa bakteri ini dapat merangsang produksi asam laktat dan zat lainnya untuk menjaga pH normal vagina sehingga terhindar dari infeksi jamur.

Jika Anda sudah terlanjur mengalami keputihan atau gatal pada vagina akibat infeksi jamur, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.