8 Macam Jenis Asuransi Di Indonesia

Category : Finansial
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Macam-macam jenis asuransi – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) asuransi merupakan perjanjian antara dua belah pihak, pihak pertama wajib membayar iuran dan pihak kedua wajib memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar, apabila suatu saat si pembayar ataupun barangnya (berdasakan perjanjian) mengalami suatu masalah.

Jika kita kembali mengingat masa 10 tahun yang lalu, kita tahu bahwa saat itu,orang-orang hanya menggunakan asuransi sebagi jaminan untuk menanggung biaya pengobatan. Sedangkan untuk sekarang, apakah Anda mengetahui perbedaannya? Tentunya pasti Anda tahu, semua hal sudah dapat diasuransikan, bahkan jenis asset terkecil-pun, seperti gadget merupakan salah satu barang yang diasuransikan oleh pemiliknya. Dibawah ini penjelasan mengenai macam-macam jenis asuransi yang diminati di Indonesia.

8 Macam Jenis-Jenis Asuransi Yang Palig Diminati Di Tanah Air

1. Asuransi mobil

Kita tahu jumlah kendaraan roda empat atau mobil ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan lainnya. Bagi pemilik mobil pribadi apalagi mobil-mobil mewah tentu memiliki polis asuransi mobil merupakan suatu keharusan, apalagi di kota-kota besar sangat rentan terjadi kecelakaan.

2. Asuransi kesehatan

Jenis asuransi ini paling umum diguanakan orang terutama di Indonesia dan salah satu jenis asuransi konservatif. Asuransi kesehatan pada umumnya memiliki beberapa produk, dan yang paling banyak digunakan adalah sistem kartu.

3. Asuransi jiwa

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga salah satu asuransi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Setiap tahun polis ini selalu mengalami pertumbuhan, padahal kebanyakan yang menggunakan asuransi ini yaitu orang-orang yang memiliki perekonomian menengah ke atas.

4. Asuransi rumah atau properti

Asuransi jenis ini sangat laris terutama pada daerah yang terkenal dengan kepadatan penduduk dan rawan terjadinya kebakaran. Properti disini bukan hanya rumah, tetapi dapat juga ruko, hotel, gedung perkantoran dan masih banyak lagi.

5. Asuransi perjalanan

Asuransi jenis ini banyak digunakan oleh sebagian orang yang punya hobi traveling atau jalan-jalan. Asuransi ini tentunya dapat bermanfaat ketika Anda berlibur atau bepergian jauh, beberapa benefit yang ditawarkan seperti ganti rugi bagasi yang hilang, terlambatnya jadwal penerbangan serta biaya pengobatan jika Anda mendadak sakit selama masa perjalanan.

6. Asuransi pendidikan

Kita tahu bahwa semakin tahun biaya pendidikan semakin mahal. Dengan adannya asuransi ini setidaknya dapat membantu para orang tua untuk membiayai pendidikan si anak. Dengan adanya tabungan pendidikan dapat melindungi nilai aset yang mereka punya dari resiko inflasi setiap tahunnya.

7. Asuransi kecelakaan

Jenis asuransi ini biasanya sering digunakan perusahaan besar sebagai jaminan untuk karyawannya. Asuransi kecelakaan memberikan beberapa santunan seperti kematian, cacat total serta biaya pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja.

8. Asuransi syariah

Meski asuransi ini masih tergolong baru, tapi sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan asuransi lokal maupun internasional yang telah mengembangkan jenis asuransi ini. Kita tahu masyarakat Indonesia mayoritas beragama muslim, maka asuransi ini semakin berkembang di tanah air. konsep dasar dari asuransi ini yaitu tolong menolong atau saling melindungi antara investor dengan yang membutuhkan.

Itulan 8 macam-macam jenis asuransi yang paling banyak diminati di tanah air. Apakah Anda berkeinginan untuk membuat asuransi? Semoga artikel ini mampu membantu Anda untuk menentukan pilihan dalam menggunakan asuransi yang seperti apa kelaknya.

loading...