Manfaat Rebung Untuk Sembuhkan Penyakit

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Manfaat Rebung Untuk Sembuhkan Penyakit
5 (100%) 2 votes

Rebung atau Bung merupakan tunas atau kecambah dari pohon bambu yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Tidak semua Tunas bambu bisa dikonsumsi, hanya beberapa jenis yang aman dan enak dikonsumsi, diantaranya : bambu bentung, bambu hitam, bambu Taiwan, dan bambu apel. Biasanya, rebung diolah menjadi sayur lodeh, oseng, isi kue Lumpia, dan lain sebagainya. Tahukah Anda, ternyata rebung tidak hanya nikmat, tapi juga sangat kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bahkan di Jepang, rebung dianggap sebagai “Raja Sayuran hutan”. Hem, wow banget bukan? Kira-kira apa saja yang membuat rebung istimewa? Untuk itu, ikuti kelanjutan dalam artikel yang dikutip dari website http://www.buahdaun.tk/ berikut ini :

Rebung termasuk satu bahan makanan yang cukup istimewa, karena sangat kaya akan nutrisi dan pastinya rendah kalori, rendah gula dan rendah lemak. Nutrisi penting yang terdapat dalam rebung, antara lain : protein, asam amino, serat, selulosa, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin E, thianin, riboflavin, asam folat, niasin, asam pantotenat, magnesium, mineral, fosfor, zinc, seng, selenium, tembaga, mangan, dan zat besi.

Manfaat Rebung Untuk Sembuhkan Penyakit

Manfaat Rebung Untuk Sembuhkan Penyakit

Manfaat Rebung untuk kesehatan

Dari kandungan nutrisi rebung yang sangat kaya diatas, tentunya kita bis amendapatkan banyak manfaat untuk kesehatan. Diantara beragam manfaat sehat tersebut, antara lain :

  • Menjaga kesehatan jantung

Rebung mengandung fitosterol dan juga fitonutrien yang ampuh melarutkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Dengan terkontrolnya kadar kolesterol dalam tubuh, maka arteri akan lebih sehat dan sirkulasi darah yang lancar akan membuat kesehatan jantung lebih terjaga.

  • Mengurangi risiko penyakit kanker

Kandungan lignin dan asam fenolik dalam rebung bersifat antioksidan yang ampuh melawan kanker, virus, bakteri dan juga jamur. Selain itu dalam rebung juga terkandung zat fitokimia yang bermanfaat mengurangi pengerasan pada arteri dan mencegah penyakit kanker.

  • Mengobati penyakit Liver atau hati

Kandungan para hidroksi bemsaldehid dalam rebung bambu kuning sangat bermanfaat membantu mengobati penyakit hati atau liver. Bahkan sebuah penelitian di Jerman menyebutkan jika sari rebung dari bambu dapat memperbaiki kerusakan sel hati binatang yang rusak oleh racun.

  • Menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat

Rebung kaya akan protein yang bermanfaat menjaga kesehatan sel-sel tubuh agar berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan antioksidan fitosterol dalam rebung juga ampuh menangkal radikal bebas serta menormalkan kadar kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Menjaga berat badan ideal

Rebung termasuk bahan makanan yang rendah kalori, rendah lemak dan pastinya kaya akan serat sehingga sangat cocok untuk membantu menjaga berat badan ideal.

  • Menurunkan tekanan darah

Rebung mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh menjaga tekanan darah agar normal, sehingga risiko hipertensi bisa diturunkan.

  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antoksidan, vitamin dan mineral dalam rebung sangat bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih kuat menangkal serangan virus dan bakteri.

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Rebung kaya akan kandungan serat alami yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan.

Begitu banyak manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari rebung, jika demikian, masihkah kita mengabaikannya. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Luar Biasa Rebung untuk Sembuhkan Penyakit diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.