Mantan Wakapolri Pertanyakan Tes Keperawanan Polwan

Category : Berita Hot
Mantan Wakapolri Pertanyakan Tes Keperawanan Polwan
4 (80%) 13 votes

Caraku.net – Kabar bahwa ada tes keperawanan ternyata membuat resah para calon polwan (polisi wanita), untuk menaggapi hal tersebut mantan wakapolri oegroseno mengatakan kalau sepengetahuan dirinya tidak pernah ada yang namanya tes keperawanan, bahkan dengan tigas ia menyatakan, orang yang memiliki prestasi tak melulu dinilai dari keperawanannya.

“sangat tidak perlu tes keperawanan ini, apa substansinya ? apa benar yang tidak perawan tidak bisa jadi polisi ? yang terpenting hanyalah bagaimana ia menjalani tugas” ujar oegroseno di menteng jakarta, sabtu 22 november 2014.

“Hingga saya pensiun dari kepolisian, tidak pernah mendengar yang namanya tes keperawanan & saya bertanya kepada dokter untuk memastikan hal tersebut kemarin siang, dokter pun menjawab hal tersebut tidak pernah dilakukan” tambahnya lagi.

Oegroseno mengungkapkan, dengan ia perawan atau tidak itu tidak dapat menjadi sebuah tolak ukur bagi seseorang kalau ia memiliki mental yang lebih baik, karena hilangnya keperawanan belum tentu karena kativitas seksual, bisa juga karena olahraga yang terlalu berat ataupun kekerasan seksual. Akan tak adil jika keperawanan menjadi sebab untuk gagalnya calon polwan.

Dia mencontohkan satu kasus ketika ia masih di kepolisian, saat itu pemeriksaan kesehatan pada organ reproduksi dapat dilakukan saat si calon sudah menjadi polisi. “waktu tugas di sumatera utara atau sulawesi saya lupa, ada calon yang organ reproduksinya tidak sehat. Oleh dokter calon itu langsung diobati bukan malah mengugurkan kariernya” terang oegroseno.

foto-wakapolri-kpk-4-140219b

Sebelumnya kepala pusat kedokteran & kesehatan mabes polri brigjen arthur tampi, sudah mengatakan kalau tidak ada calon polwan yang tidak lulus cuma karena persoalan perawan atau tidak perawan, dia menegaskan kalau keperawanan bukan faktor dominan untuk penentuan kelulusan calon polwan.

“tidak ada istilah tidak lolos karena tidak lagi perawan” kata arthur ketika jumpa pers di mabes polri jakarta jumat lalu.

Pernyataan tersebut pun sekaligus menepis isu penerapan tes keperawanan untuk calon anggota polwan. Menurut arthur, memang akan ada tes kesehatan dalam seleksi anggota polri. Dan itu dikenakan baik untuk wanita maupun wanita. Mulai dari kesehatan gigi, mata, dan organ reproduksi juga.

Selanjutnya arthur juga mengatakan terkait perihal pemeriksaan kelamin yang akan dilakukan tim dokter polri, untuk calon wanita dokter cuma akan melihat saja tanpa menyentuh selaput darah nya. “tidak ada istilah kita memeriksa perawan, kita tidak pernah fokus untuk periksa hal tersebut” ujar arthur kembali.

Isu tes keperawanan untuk penerimaan anggota polri diduga muncur dari situs palsu dimana situs tersebut mengatasnamakan institusi polri, situs tersebut beralamatkan www.infopendaftaranpolri.com. Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran polri atau ingin melihat apa saja prosedur nya silahkan langsung mengunjungi situs resmi polri yaitu di www.penerimaanpolri.go.id.

loading...