Mau Indonesia Maju? Ayo Disiplin Waktu !!

Category : Berita Hot

PortalRemaja.Co.Id – Saya akan membahas masalah disiplin waktu dalam artikel ini, mengapa? karena ada kaitannya erat dengan remaja saat ini dan kebiasaan orang-orang disekitar lingkungan kita. Menurut pengalaman yang saya temui hampir 80% ya remaja disekitar saya  punya jam karet, mesti nih molor kalau janji. Padahal kita tahu sendiri kan kalau waktu itu sangat berharga sekali walaupun itu hanya 1 detik.

Disiplin

Kalian pasti pernah denger Time is Money? Yah waktu adalah uang. Saya heran padahal istilah tersebut sudah terkenal, tapi mengapa mereka si pemilik jam karet masih belum bisa mengatur waktu dengan baik?

Apa sih penyebab mereka tidak bisa mengatur waktu dengan baik? Menurut saya, penyebab utama itu karena nggak adanya jiwa konsisten dalam diri mereka. Saya ambil contoh yang nyata saja, mahasiswa atau teman kuliah saya aja deh ada yang meremehkan laporan dari dosen dan membiarkan tugas tersebut menumpuk, alhasil waktu pengumpulan laporan mereka kebingungan atau keteteran. Terus kalau udah keteteran ngapain coba mereka? Mencontek teman mereka yang rajinlah, alibinya “ini tuh The Power of Kepepet”.

Nah, Itu salah satu contoh yang sering terjadi disekitar saya. Lalu apa hubungannya sama waktu? Jelas ada, kalau saja mereka bisa memanfaatkan waktu dengan baik istilah yang ngetrend saat ini quality time sama laporannya, nggak bakal ada yang namanya The Power of Kepepet.

Contoh lainnya nih, kebanyakan mahasiswa yang Saya temui mereka rata-rata tidur dini hari alasannya sih insomnia. Saya juga gak habis pikir gitu, ngapain coba tidur jam 1-2 pagi kalau cuma telfon-telfonan sama pacar, nonton film korea, sibuk download film, atau cuma sibuk mainin gadgetnya. Nggak manfaat banget kan? Dampak negatifnya itu loh, yang muslim ninggalin shalat shubuh karena bangun kesiangan, belum lagi harus kuliah pagi, pasti nggak sempet yang namanya sarapan, dan pasti kalau ndengerin dosen ngasih teori “Hoams” deh.

Mungkin menurut beberapa orang, contoh diatas itu hal yang sepele. Tapi, buat Saya sih itu hal yang fatal pakai banget malah. Bagaimana mau sukses kalau mengatur diri sendiri saja tidak bisa? Kalau mendisiplinkan diri sendiri aja nggak bisa? Saya menulis artikel ini, bukan berarti saya orang yang paling disiplin, tapi karena saya ingin belajar bersama anda. Ayo, kita belajar disiplin bareng-bareng. Mungkin nih beberapa tips dari Saya :

  1. Ayo kita niat untuk berubah, bukan berubah jadi rangers yaa, tapi berubah disiplin pada diri sendiri dulu.
  2. Buat jadwal harian dan skala prioritas kalian tiap harinya
  3. Konsisten pada diri sendiri

Kayaknya 3 dulu aja deh ya, sebenernya ada banyak sih, cuma biasanya kalau terlalu banyak malah bingung dan akhirnya malah lupa langkah-langkahnya. Bayangan Saya sih, kalau semua orang apalagi mahasiswa yang katanya penerus bangsa bisa disiplin terutama dalam urusan waktu, Indonesia jadi negara maju pasti.


Artikel ini dikirim oleh :

IMG_0096

  • Nama : Putri Rahayu
  • No Hp :085655477550
  • INSTAGRAM : Putriiirahayuu
  • FACEBOOK : https://www.facebook.com/putriiirahayuu

Mau artikel anda tampil juga disini ? kirim tulisan kamu disini.